3 Makanan Ini Ternyata Tidak Boleh Dipanaskan

Makanan merupakan salah satu hal yang sangat diperlukan manusia sehari-hari. Namun, sering kali kita memasak makanan dalam jumlah yang banyak sehingga beberapa makanan tersisa dan disimpan di kulkas untuk dimakan keesokan harinya. Dan hal ini pasti membuat makanan sisa kemarin tersebut dipanaskan kembali sebelum dikonsumsi. Tetapi ternyata ada beberapa makanan yang tidak boleh dipanaskan dan mengakibatkan bahaya kesehatan jika dipanaskan dan dikonsumsi. Berikut 3 makanan tersebut yang tidak boleh Anda panaskan.

1.  Sayur Bayam

Siapa sih yang tidak kenal dengan sayur bayam. Sayur yang selalu menjadi menu wajib di rumah ini ternyata tidak boleh dipanaskan. Hal ini dikarenakan kandungan zat fe2+ yang dikenal dengan zat besi ini jika dipanaskan lagi, akan berubah menjadi fe3+ yang bersifat racun. Bayam yang sudah dimasak lebih dari 5 jam pun sudah tidak dapat konsumsi lagi karena mengandung zat nitrit. Zat nitrit ini berbahaya bagi tubuh karena zat ini akan membuat sel darah merah tidak dapat mengikat oksigen.

2. Makanan Bersantan

Makanan Indonesia banyak ragamnya. Salah satu yang digemari adalah makanan bersantan. Namun, siapa yang menyangka jika makanan bersantan tidak dapat dipanaskan lagi. Hal ini dikarenakan makanan bersantan mengandung banyak lemak baik, namun jika Anda memanaskannya lagi maka lemak baik yang terkandung di dalam santan akan berubah menjadi lemak jahat yang dapat menyebabkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh Anda meningkat.

3. Telur

Telur merupakan makanan yang selalu tersedia di dapur Anda. Cara pengolahannya yang mudah dan praktis, membuat banyak orang menyukai konsumsi telur. Kandungan protein yang tinggi dalam telur ternyata akan menimbulkan bahaya jika telur dipanaskan. Protein merupakan salah satu zat gizi yang penting namun jika dipanaskan maka akan mudah rusak. Oleh karena itu, Anda tidak dianjurkan untuk memanaskan olahan telur karena kandungan proteinnya yang tinggi yang dinilai bergizi dan berubah menjadi racun dan membahayakan kesehatan Anda.

Itulah 3 makanan yang ternyata tidak boleh Anda panaskan kembali. Sebaiknya makanan sisa Anda lebih baik tidak dikonsumsi di keesokan harinya agar tidak menimbulkan efek kesehatan buruk bagi tubuh Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.