Ada Seribu Jalan Menuju Sawarna

pantai sawarnaSudah tidak asing ditelinga tentang pantai Sawarna Banten bukan, pantai ini sudah cukup terkenal dengan panoramanya yang indah. Ada banyak keindahan disana dari beberapa pantai serta wisata alam yang lainnya seperti gua-gua, sungai serta pantai pasir putih yang masih asri. Untuk menuju kesana ada dua rute pantai Sawarna yaitu rute serang Pandeglang dan rute dari arah Bogor.

Dua Pilihan Rute Pantai Sawarna

Pertama yaitu rute menuju Sawarna dari serang dan Pandeglang. Jalur ini bisa dikatakan rute terpendek menuju pantai Sawarna dan juga merupakan jalur bebas dari yang namanya kemacetan yang dibandingkan dengan rute dari bogor. Tetapi jalur ini juga memiliki kekurangan yaitu kondisi jalan yang masih banyak belum teraspal yang pastinya akan mengganggu perjalanan Anda dan juga membahayakan. Menuju Sawarna dengan rute serang dan Pandeglang terbilang cukup mudah, pertama menuju Pandeglang dari arah serang kemudian ikuti saja jalan searah dengan daerah Seketi atau Labuan. Setelah sampai didaerah ini maka ambilan jalur ke arah Malingping. Kondisi jalan didaerah Malingping ini lumayan banyak yang rusak tetapi merupakan rute pantai Sawarna yang paling cepat.

Rute yang kedua menuju sawarnya yaitu dari Bogor. Pertama masuk ke tol Jakarta, Bogor, Ciawi atau biasa disebut Jagorawi menuju Ciawi Bogor. Setelah sudah sampai di simpang tiga Ciawi Bogor, silakan untuk melanjutkan perjalanan ke arah Sukabumi dan akan ketemu jalur Cikidang atau Cibadak. Dua jalur ini dapat dilewati untuk menuju Sawarna, namun jalur Cikidang akan melalui jalan yang berkelok, menurun dan menanjak sehingga perlu ekstra hati-hati sedangkan jika melalui jalur Cibadak lebih memakan waktu lama dibandingkan jalur Cikidang. Tetapi semua itu terserah pilihan Anda. Kemudian menuju ke pelabuhan Ratu yang akan melewati puncak Habibie, disini Anda bisa menikmati pemandangan kota pelabuhan ratu. Kemudian melanjutkan ke arah Bayah – Sawarna dan nantinya akan menemukan pertigaan yang menandakan desa Sawarna semakin dekat. Pertigaan ini silahkan ambil arah ke kiri dan akan sampai ke pantai Sawarna. Rute pantai Sawarna dari Bogor memerlukan waktu kurang lebih 6 jam. Rute mana pun yang lalui untuk menuju pantai Sawarna Banten tetap harus berhati-hati dan tetap waspada agar sampai dengan selamat untuk menikmati indahnya pantai Sawarna.

Related posts: