Alat Musik Yang Berkembang Di Indonesia

Musik adalah salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Coba bayangkan jika hidup ini tanpa musik. Akan terasa sangat hampa bukan? Kita semua tidak akan mendengar bunyi-bunyian merdu nan indah yang akan membuat hidup semakin berwarna. Beberapa aktivitas sehari-hari juga membutuhkan musik. Menyanyi tentu membutuhkan musik. Senam membutuhkan musik. Film-film dan sinetron juga membutuhkan musik sebagai back sound ataupun sound track.

Jenis musik yang berkembang hingga saat ini cukup banyak. Ada musik rock, musik soneta, dangdut, pop, metalica, dan lain sebainya. Semua jenis musik tersebut memiliki ciri khas dan karakter masing-masing. Selain itu, jenis musik juga nantinya akan disesuaikan dengan penggunaannya. Contohnya musik dangdut sangat cocok digunakan untuk acara-acara hiburan.

Jenis Alat Musik Menurut Cara Memainkannya

Jenis-jenis alat musik ada yang modern dan tradisional. Beberapa alat musik tradisional Indonesia bisa Anda lihat di https://alatmusik.org/. Musik dihasilkan dari beberapa alat musik yang dipadukan secara berkesinambungan.

Menurut cara memainkannya, ada beberapa jenis alat musik yaitu:

  • Alat musik pukul

Ini adalah jenis alat musik yang dimainkan dengan cara memukul alat musik tersebut. Ada dua jenis alat musik pukul yaitu alat musik pukul yang mempunyai nada seperti kulintang, gamelan, calung, arumba dan lain sebagainya. Sedangkan alat musik pukul yang tidak mempunyai nada contohnya gendang, ketipung, rebana, gong, kastanyet, tamborin dan lain sebagainya.

  • Alat musik tekan

Ini adalah kelompok alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan. Contohnya piano, organ, keyboard dan lain sebagainya.

  • Alat musik petik

Ini adalah jenis alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik contohnya gitar, bass, harpa, mandolin, siter dan ukulele.

  • Alat musik gesek

Merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara digesek. Contohnya yaitu biola, rebab, violin, viola dan lain sebagainya.

  • Alat musik tiup

Ini adalah jenis alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup contohnya yaitu suling, harmonika, recorder, terompet, pianika, saksofon dan lain-lain.