Bagaimana Cara Merawat Komputer?

Bagi Anda yang bersekolah ataupun kerja di kantor, tentunya komputer menjadi salah satu aspek penting dalam hidup Anda. Dengan adanya komputer atau laptop, maka pekerjaan Anda baik itu pekerjaan sekolah atau kantoran akan jauh lebih mudah untuk dikerjakan. Namun tentunya Anda jangan hanya menggunakan komputer saja, namun juga tahu tips komputer agar komputer Anda bisa awet selama beberapa tahun.

Tips Merawat Komputer Agar Awet

Tentunya Anda tidak mau kerjaan menjadi terhambat karena komputer Anda rusak, bukan? Karena itulah sekarang kami berikan beberapa tips komputer sehingga komputer kesayangan Anda bisa lebih awet.

  1. Jaga ventilasi komputer

Sirkulasi udara pada CPU merupakan salah satu hal yang harus dijaga agar komputer Anda bisa lebuh awet. Karena itulah sebaiknya Anda jangan meletakan komputer terlalu dekat dengan tembok. Akan ideal jika Anda meletakan komputer dengan jarak kira=kira 30 hingga 40 cm antara komputer dan tembok. Dengan posisi inilah maka komputer akan mendapatkan sirkulasi udara yang lebih baik lagi.

  1. Rutin membersihkan CPU

CPU yang merupakan komponen yang penting dari komputer harus Anda jaga sebaik mungkin. Agar komputer Anda bisa bertahan dengan lama, maka Anda wajib membersihkan CPU Anda secara rutin. Idealnya, Anda harus membersihkannya tiap 6 bulan sekali. Jangan sampai CPU Anda terlalu bayak kotoran dan debu. Jika terlalu banyak kotoran dan debu yang menempel, maka sirkulasi udara dan juga internal fan tidak akan berfungsi dengan baik. CPU juga akan sering panas, tentunya hal inilah yang membuat cpu Anda tidak bertahan lama. Jadi, membersihkan CPU harus dilakukan dengan rutin. Sebaiknya Anda bisa memulainya dari membersihkan motherboard. Sangat disarankan untuk menggunakan sikat yang halus.

  1. Shut down komputer dengan baik dan benar

Tips yang satu ini sering diremehkan oleh banyak orang, namun perlu Anda perhatikan. Tips komputer yang satu ini akan membantu komputer Anda agar berusia panjang. Prosedur itu sangat perlu karena Anda tidak akan merusak komputer Anda. Dengan mematikan komputer sesuai prosedur, maka komputer Anda akan tetap stabil sehingga bisa bekerja dengan lebih optimal.