Barang Yang Bisa Dikirim Lewat Paket

Bagi para penggelut dunia bisnis online, jasa pengiriman barang tentu menjadi suatu kebutuhan wajib saat ini. Jasa untuk pengiriman barang menjadi salah satu pengaruh besar bagi kelangsungan bisnisnya. Penyedia layanan jasa untuk pengiriman barang akan memastikan dan menjamin produknya tepat sampai ke tangan konsumennya. Tentunya, berbagai barang atau produk yang dijual bisa disalurkan melalui tempat usaha pengiriman barang. Mungkin dulu usaha pengiriman barang lebih sering digunakan untuk pengiriman surat atau uang. Namun, saat ini usaha pengiriman barang ini hampir melayani pengiriman untuk berbagai jenis barang.  Mulai dari surat, pakaian, makanan, kebutuhan rumah tangga atau bahkan kendaraan yang memiliki bobot lebih sekalipun. Hampir semua barang atau produk bisa dikirimkan menggunakan layanan pengiriman barang. Namun, ada beberapa barang kiriman yang dilarang dalam operasinya. Tentunya karena beberapa alasan tertentu.

Apa Saja Barang Yang Dilarang Dikirim Melalui Jasa Pengiriman?

Sebenarnya masing-masing perusahaan jasa pengiriman barang memiliki peraturan tersendiri mengenai jenis barang yang tidak boleh atau diarang untuk dikirim dalam operasinya. Namun secara umum, jenis barang yang dilarang untuk dikirim adalah jenis barang yang memang tidak diperbolehkan oleh Undang-Undang atau pemerintah serta tentunya mampu memicu berbagai bahaya atau masalah yang ditimbulkan. Beberapa diantaranya adalah: Bahan yang rentan terhadap meledak atau terbakar seperti gas, bubuk peledak tentunya karena dapat memicu adanya kebakaran. Berbagai jenis barang berbahaya seperti senjata api atau kembang api. Obat-obatan terlarang seperti narkoba. Kemudian, sekarang kebanyakan perusahaan melarang pengiriman  benda-benda berharga seperti uang, perhiasan dan lain-lain. Benda-benda yang mengandung unsur-unsur propaganda seperti dokumen atau atribut yang mampu memicu terganggunya stabilitas dan keamanan negara. Bahan kimia yang berbahaya juga tidak diperbolehkan seperti bahan yang memiliki sifat korosif atau sangat sensitif atau dapat merusak permukaan seperti asam sulfat dan masih banyak contoh lainnya. Serta beberapa benda yang mengandung unsur radioaktif yang sangat tidak stabil seperti uranium dan sebagainya.

Itulah beberapa jenis barang yang memang secara umum  tidak diperbolehkan dalam pengiriman barang tentunya menggunakan layanan jasa pengiriman karena beberapa alasan tertentu demi keamanan dan kesejahteraan untuk berbagai pihak.