Budidaya Sidat Yang Menguntungkan

peluang usahaSidat merupakan salah satu jenis ikan yang secara fisik memiliki kemiripan dengan ular. Hal ini sama halnya dengan belut namun yang membedakan belut dan sidat adalah perbedaan mencolok dari ciri tubuh dari kedua hewan ini. Perbedaan mencolok tersebut adalah terdapatnya dua sirip di bagian belakang ikan sidat sedangkan pada belut keberadaan sirip ini tidak dijumpai. Ikan sidat merupakan ikan yang memiliki berbagai khasiat bagi tubuh manusia yang mengonsumsinya. Hal ini karena tingginya kandungan gizi yang akan kita dapatkan dengan mengonsumsi daging sidat. Bahkan kandungan yang dimiliki sidat lebih tinggi dari kandungan gizi dari ikan salmon. Kandungan gizi yang dimiliki ikan sidat sangat baik bagi tubuh seperti mempertajam daya ingat, menghilangkan racun dalam tubuh, bahkan mampu memperlambat proses penuaan.

Permintaan Ekspor Ikan Sidat Yang Sangat Tinggi

Dengan sejuta manfaat yang dimiliki. Sidat juga menjadi bahan makanan favorit di beberapa negara. Beberapa negara dengan tingkat kebutuhan konsumsi ikan sidat yang tinggi adalah jepang dan Korea. Di jepang sendiri ikan sidat disebut unagi. Menjadi makanan favorit dengan harga jual yang cukup tinggi. Kebutuhan ikan di negara ini juga terus meningkat. Namun,  saat ini jepang hanya mampu memproduksi 30℅ kebutuhan ikan sidat bagi masyarakatnya. Sementara 70℅ sisanya mereka ekspor dari negara lain salah satunya Indonesia. Di Indonesia sendiri permintaan akan daging ikan sidat juga tinggi namun jumlah pelaku bisnis budidaya ikan sidat masih tergolong rendah. Hal inilah yang membuat harga dari ikan sidat yang masih tergolong mahal. Hal ini tentu bisa Anda jadikan peluang untuk melakoni bisnis budidaya sidat untuk memenuhi kebutuhan pasar kebutuhan daging ikan sidat.

Tahap budidaya ikan sidat sendiri tidaklah sulit, hambatan yang Anda temui hanya dalam perolehan bibit, hal ini karena sampai saat ini belum ada rekayasa genetik yang mampu mengembangbiakkan sidat di luar habitatnya. Maka dari itu untuk memenuhi kebutuhan petani sidat dalam memperoleh bibit sidat bisanya diambil langsung dari alam. Tahapan dalam proses budidaya sidat dilakukan dengan dua tahapan, yaitu tahap pendederan dan tahap pembesaran.

Related posts: