Buka Usaha di Daerah Kampus

Perguruan tinggi yang ada di Indonesia saat ini banyak sekali jenisnya. Dari Sabang sampai Merauke tersedia berbagai jenis institusi perguruan tinggi. Hal ini tentu sangat memfasilitasi para pemuda Indonesia untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Jumlah perguruan tinggi yang ratusan di Indonesia sangat dipadati para mahasiswa baik dalam daerah maupun luar daerah. Untuk satu tahun penerimaan mahasiswa baru saja terdapat ribuan mahasiswa yang diterima. Keadaan ini hampir dialami oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Usaha yang cocok di daerah kampus

Lingkungan perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa yang ribuan sangat memberikan peluang usaha yang besar. Terlebih lagi jika Anda memiliki lahan di lingkungan kampus, sangat menguntungkan bagi Anda. Jika Anda membuka bisnis, tentu ada tidak perlu memikirkan biaya untuk sewa ruko karena Anda sudah memiliki lahan sendiri. Ada beberapa peluang usaha yang bisa Anda buka di lingkungan kampus, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Bisnis kos-kosan

Sebagian besar mahasiswa perguruan tinggi berasal dari luar daerah. Mereka tentu membutuhkan tempat tinggal selama menjalani masa perkuliahan. Untuk itu, membangun sebuah kos atau kontrakan cukup memiliki peluang bisnis yang bagus di daerah kampus.

  1. Bisnis warung makan

Untuk memenuhi kebutuhan pangan para mahasiswa, Anda bisa membuka bisnis kuliner, tepatnya warung makan. Membuka warung makan dengan harga yang terjangkau sangat diminati para mahasiswa dengan uang jajan yang pas-pasan.

  1. Bisnis toko pakaian

Tidak seperti anak sekolah, mahasiswa tentunya sudah tidak lagi memakai seragam ketika berangkat ke kampus. Biasanya mereka hanya diberi ketentuan untuk mengenakan baju yang sopan dan rapi. Mahasiswa tentunya membutuhkan banyak koleksi baju untuk pergi ke kampus. Melihat keadaan tersebut, membuka sebuah toko pakaian adalah peluang yang bagus untuk berbisnis. Hal yang perlu diperhatikan adalah model baju. Pastikan model baju yang Anda jual sesuai dengan trend anak muda masa kini.

  1. Bisnis fotokopian

Mahasiswa tentu memiliki banyak tugas. Untuk membuat tugas-tugas tersebut, mereka sangat membutuhkan jasa print, fotokopi dan jilid.