Cara Budidaya Ikan Nila

Cara budi daya ikan nila diperlukan bagi Anda yang ingin membudidayakan ikan nila di sekitar rumah Anda. Memang ternak ikan nila ini bisa Anda lakukan di sekitar rumah Anda yang sempit dengan mudah. Yang penting Anda harus kreatif dalam membuat kolam untuk ternak ikan Anda. Jika Anda paham bagaimana cara ternak ikan nila, maka hal ini bisa menguntungkan Anda.

Jika ikan ingin ternak ikan tentu saja Anda harus mempunyai kolam. Nah, karena rumah Anda sempit atau Anda terbatas oleh dana, maka Anda bisa membuat kolam ikan dengan cara yang kreatif dengan menggunakan kolam terpal. Anda bisa membuat kolam dengan menggunakan terpal saja. Dengan kolam terpal maka Anda tidak perlu menggali tanah dan juga tidak butuh lahan yang luas.

Cara Membuat Kolam Terpal Untuk Budidaya Ikan Nila

Jika Anda menggunakan kolam terpal untuk budi daya ikan Anda, maka Anda akan lebih mudah dalam merawatnya karena Anda juga tidak perlu memasok air ke dalam kola tersebut asalkan terpalnya tidak bocor. Yang pasti Anda akan hemat modal jika menggunakan kolam terpal.

Yang harus Anda siapkan adalah membuat kolam dengan terpal. Kolam ini kurang lebih dalamnya sekitar 50 hingga 80 cm agar ikan nila bisa berkembang biak dengan baik karena ruangannya cukup. Jika ke dalam kolam terpal sudah 50 cm atau lebih, maka Anda bisa memadatkan kolam dengan menggunakan tanah atau pasir. Pada pinggir kolam juga dibuat tanggul agar tidak bocor.

Bila perlu, pada dasar kolam juga diberikan batu bata agar dasarnya menjadi keras dan juga rata. Anda juga bisa memberikan sekam secara merata dan terpal pun sudah bisa mulai dipasang. Jika Anda pernah membuat tambak, maka pemasangan kolam terpal ini kurang lebih sama. Saat kolam terpal sudah jadi, maka pastikan kolam sudah kokoh dan terkunci pada bagian pinggirnya.

Anda bisa meletakan bata atau batako pada pinggiran terpal. Jika terpalnya tidak goyang, maka artinya kolam terpal sudah kokoh dan juga tidak bocor. Saatnya isi kolam dengan air dan juga bibit ikan nila, maka budi daya ikan nila Anda sudah dimulai!