Cara Membuat Suasana Kelas Lebih Menyenangkan

Aneka model pembelajaran tersedia bagi guru sebagai panduan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang efektif. Model ceramah, model berpasangan, hingga model yang melibatkan permainan hiburan dan permainan dapat dipilih oleh seorang pengajar. Banyak permasalahan yang dihadapi guru ketika menyampaikan materi. Salah satunya ialah suasana kelas yang cenderung membosankan. Untuk mengatasi hal tersebut, seorang guru dapat melakukan improvisasi dalam mengajar dengan menggunakan metode baru yang lebih segar sehingga murid merasa bersemangat untuk mengikuti pelajaran.

Tahap Demi Tahap Menciptakan Kelas Yang Menyenangkan

Ada beberapa alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk membuat suasana kelas lebih hidup dan semarak. Aneka model pembelajaran yang melibatkan permainan serta hiburan akan membantu guru menghadapi permasalahan gaya mengajar. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menciptakan keadaan kelas yang menyenangkan

  1. Persiapan

Pertama-tama, sangat penting bagi guru untuk melakukan persiapan. Membuat urutan kegiatan dan menyusun aturan serta batasan-batasan agar proses belajar tetap berjalan baik harus direncanakan dengan baik sebab dengan keadaan kelas yang meriah biasanya murid dan guru cenderung lupa dengan manajemen waktu.

  1. Pelaksanaan

Seorang guru dapat menggunakan model yang inovatif, seperti permainan kecil, baik yang bisa digunakan sepanjang sesi maupun intermezzo. Guru dapat menggunakan model Talking Stick, Snow Ball Throwing, permainan kata, ataupun Role Play. Selain itu, seorang pengajar perlu menentukan model mana yang paling tepat digunakan.

  1. Penghargaan

Di akhir pembelajaran guru dapat memberikan penghargaan bagi siswa yang berhasil bekerja sama dengan baik dalam pembelajaran dan mendapat hasil terbaik. Penghargaan seperti memberikan tambahan nilai, membebaskan dari hukuman, atau pun hadiah khusus lainnya dapat digunakan. Memberikan hadiah kecil mungkin akan membutuhkan pengeluaran tetapi hal ini bias sangat efektif untuk menarik perhatian siswa.

Itulah tahapan umum untuk menciptakan kelas yang lebih menyenangkan dan membuat siswa lebih tertarik mengikuti proses pembelajaran. Terdapat aneka model pembelajaran dan ide-ide lain yang bisa didapatkan di internet. Guru seharusnya tidak berhenti bereksperimen demi tercapai hasil pembelajaran yang maksimal.