Cara Menghindari Penyakit Hipertensi Sejak Dini

Ketika masih berusia belia mungkin belum memiliki penyakit hipertensi. Umumnya hipertensi ini baru akan dirasakan ketika seseorang sudah menginjak usia 40-an. Penderita penyakit hipertensi biasanya disebabkan karena ketika masa mudanya tidak mampu menjaga makanan yang dikonsumsi. Selain itu hipertensi juga bisa muncul karena turunan. Untuk itulah ketika Anda memang memiliki turunan darah tinggi, cobalah untuk lebih memperhatikan pola makan sejak usia muda. Sehingga ketika sudah menginjak usia tua, hipertensi tidak sampai muncul.

Beberapa Langkah Pencegahan Penyakit Hipertensi

Ketika tubuh sudah divonis hipertensi, mulai dari makanan hingga aktivitas harus benar-benar diperhatikan. Pasalnya hipertensi memang akan sangat mudah muncul ketika pola makan dan aktivitas tidak terjaga. Agar hipertensi tidak sampai alami, maka ada beberapa langkah khusus sebagai pencegahannya. Berikut langkah pencegahan yang perlu Anda lakukan :

  • Kurangi makanan pemicu darah tinggi

Tanpa Anda sadari, sebenarnya setiap hari Anda akan berhadapan dengan beragam makanan yang dapat memicu tekanan darah tinggi. Tanpa disadari, Anda pun sering mengonsumsi makanan tersebut. Untuk itu mulai sekarang Anda harus lebih perhatian terhadap setiap makanan yang akan dikonsumsi. Contoh makanan yang meningkatkan tekanan darah itu seperti makanan asin, buah durian, daging (kambing maupun sapi) dan sebagainya.

  • Tepatilah waktu tidur

Meskipun pekerjaan Anda menyita banyak waktu, namun jangan pernah menyepelekan waktu tidur. Mungkin ada yang beranggapan bahwa tidur lebih dari jam 12 malam merupakan hal wajar, namun sebenarnya itu sebuah kebiasaan buruk yang seharusnya dihilangkan. Jika terlalu sering tidur tengah malam maka akan menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan darah.

  • Hindari stress

Seseorang yang sudah bekerja pasti pikiran akan dipenuhi dengan rasa stress. Memang benar, tidak ada pekerjaan yang bisa dilakukan dengan santai. Namun jangan sampai pekerjaan tersebut membuat pikiran Anda kacau dan timbul stress. Apabila stress melanda hampir setiap hari, maka akan membuat hipertensi berpeluang besar untuk menyerang tubuh Anda. Bahkan ketika masih usia muda, tekanan darah tinggi bisa selalu muncul. Untuk itu cobalah lebih rileks dan enjoy dalam bekerja, jangan jadikan pekerjaan sebagai beban pikiran.