Cara Pintar Hadapi Serangan Penyakit Saat Bulan Ramadhan

Artikel kali ini akan membahas mengenai tips menghadapi perubahan cuaca saat bulan Ramadhan. Saat ini bumi sedang digemparkan dengan isu perubahan iklim, hal ini dapat menjadi salah satu dampak adanya pemanasan global. Perubahan iklim yang terjadi saat ini dirasa sangat ekstrem karena cuaca tidak dapat diprediksi lagi. Ditambah lagi mencairnya es yang ada di kutub dan es abadi yang ada di puncak-puncak gunung pun mulai meluruh. Apabila terus dibiarkan, bumi bisa tenggelam akibat cairnya es di kutub utara maupun selatan.

Cegah Penyakit Akibat Perubahan Cuaca Saat Bulan Ramadhan

Hal tersebut tentunya menjadi suatu tanda bahwa alam sudah tidak mampu lagi menerima keserakahan dan keegoisan manusia. Disadari atau tidak secara langsung maupun tidak langsung cuaca ekstrem yang saat ini sedang melanda bumi ya disebabkan oleh manusia. Apalagi ketika bulan Ramadhan saat tubuh tidak menerima asupan nutrisi sebanyak biasanya, maka antibodi pun mungkin akan menurun kinerjanya.

Bulan suci Ramadhan tentunya ingin dilalui hingga hari kemenangan tiba dengan keadaan sehat. Apabila sedang sakit, satu kenikmatan terasa sudah tercabut dari dalam diri. Apalagi ditambah dengan perubahan cuaca dan faktor risiko lain seperti stres, pola makan yang tidak seimbang dan kurang bergizi, kurang olahraga, dan sebagainya.

Hal tersebut bisa mengakibatkan tubuh mengalami kondisi yang lemas dan rentan terserang penyakit. Penyakit yang terjadi pun biasanya seperti flu yang mudah menyebar ke lingkungan sekitar. Lalu, bagaimana cara agar tubuh bisa tetap bugar dan sehat dalam menghadapi perubahan cuaca ekstrem yang terjadi saat bulan Ramadhan? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya!

  • Konsumsi Sayur dan Buah Saat Berbuka Puasa dan Sahur

Buah dan sayur kaya akan kandungan vitamin, mineral, serat, dan zat lain yang sangat berperan dalam tubuh. Buah dan sayur dapat menjadi suatu suplemen dari serangan berbagai virus dan bakteri yang mungkin banyak menyebar di lingkungan.

  • Banyak Konsumsi Air Putih

Minum yang dianjurkan yaitu dua liter atau setara dengan delapan gelas berukuran sedang. Walaupun sedang puasa, saat berbuka dan sahur jangan lupa banyak meminum air putih.