Cara Tepat Atasi Kulit Berminyak

Jenis kulit setiap orang tentu berbeda-beda. Perbedaan itu bisa dilihat dari warna, kelembaban, tekstur dan lain sebagainya. Terkadang kita mungkin juga heran melihat orang lain yang wajahnya sangat mulus dan tidak berjerawat walaupun tanpa make up. Namun, ada juga seseorang yang dengan wajah yang sering berjerawat. Yah, memang itulah jenis kulit setiap orang berbeda. Hal ini terjadi bisa karena faktor genetik dan gaya hidup. Masalah kulit wajah yang banyak diderita adalah wajah yang berminyak. Banyak anak muda yang pergi ke klinik untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengatasi Kulit Berminyak

Memiliki wajah yang berminyak memang membuat tidak percaya diri. Wajah yang berminyak akan sangat terlihat terutama di siang hari yang panas. Kulit akan nampak licin. Keadaan ini memang bisa disebabkan karena pengaruh hormon, stress, cuaca yang panas dan kosmetik yang tidak cocok. Wajah yang berminyak juga dapat memicu tumbuhnya jerawat. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki kulit yang berminyak perlu melakukan perlakuan khusus bagi kulit Anda. Berikut ini adalah beberapa tips mengatasi wajah berminyak:

  1. Cuci muka dengan baik dan benar

Mencuci muka dapat meminimalisir produksi minyak pada wajah Anda. Lakukan cuci muka minimal 2 kali sehari dengan facial wash yang sudah Anda pilih. Namun jangan terlalu sering menggunakan sabun cuci muka karena dapat mengakibatkan kulit kering.

  1. Menggunakan masker alami

Menggunakan masker dari bahan-bahan alami dapat meminimalisir produksi minyak. Namun, Anda bisa juga menggunakan masker-masker wajah untuk kulit berminyak.

  1. Mengonsumsi makanan rendah lemak

Makanan berlemak tinggi dapat mengakibatkan penumpukan minyak dalam tubuh. Oleh karena itu, lebih baik kurangi konsumsi makanan yang berlemak tinggi.

  1. Gunakan kertas penyerap minyak

Menggunakan kertas penyerap minyak dapat menghilangkan minyak pada wajah Anda secara cepat. Jadi jika wajah Anda adalah jenis wajah yang berminyak, lebih baik setiap sedia kertas penyerap minyak kemana pun Anda pergi.

  1. Menggunakan bedak tabur

Bedak tabur lebih dapat menyerap keringat dibandingkan bedak padat.