Cargo VS Ekspedisi

Siapa yang tidak mengenal jasa pelayanan pengiriman barang? Kebanyakan orang pasti sudah mengenal jasa yang satu ini. Tetapi terkadang mereka menyebut jasa ini dengan istilah yang berbeda-beda. Ada yang menyebutnya ekspedisi ada juga yang menyebutnya dengan istilah cargo seperti pada cargo Jakarta. Padahal, kedua jasa pengiriman tersebut tidak sama. Walaupun memiliki fungsi yang sama yaitu mengantarkan barang, bahkan bentuknya pun terkadang sama saja tetapi sebenarnya tidak. Mereka tidak begitu memahami apa perbedaan keduanya karena keduanya terlihat hampir sama saja.

Perbedaan Cargo Dengan Ekspedisi

Perbedaan jasa pelayanan pengiriman barang jenis cargo Jakarta jelas beda dengan jenis ekspedisi. Untuk apa ada dua istilah dari jasa pelayanan pengiriman barang jika keduanya ternyata sama saja tidak ada bedanya sama sekali. Berikut ini perbedaan yang terdapat pada jasa pelayanan pengiriman cargo dengan jasa pelayanan pengiriman ekspedisi., diantaranya adalah:

  1. Jumlah Barang

Pertama, pengiriman barang yang dilakukan oleh perusahaan cargo relatif berkecimpung dalam skala yang relatif lebih besar daripada ekspedisi yang hanya bermain dalam yang lebih kecil. Barang yang dapat dikirim juga bisa dalam jumlah yang banyak sedangkan ekspedisi tidak bisa.

  1. Harga

Selain skala pengirimannya, jasa pelayanan pengiriman barang jenis cargo ini memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan yang ekspedisi. Hal ini dikarenakan jika menggunakan pengiriman jenis cargo pelanggan akan mengirimkan barang dalam jumlah yang banyak maka akan mendapatkan diskon khusus jika mengirim dengan jumlah yang banyak relatif akan membuat harga cenderung lebih murah.

  1. Jalur Pengiriman

Terakhir adalah jalur-jalur pengirimannya. Jalur- jalur pengiriman yang dimiliki oleh jasa pelayanan jenis ekspedisi lebih terbatas daripada jenis cargo. Dimana jenis pelayanan cargo Jakarta memiliki 3 jalur pengiriman, yaitu udara, darat dan laut. Ketiga jalur tersebut jelas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Biasanya pengiriman jalur darat dilakukan untuk satu wilayah sehingga tidak mungkin untuk membawa barang-barang yang sulit untuk dibawa melalui jalur darat. Sedangkan jalur udara adalah jalur terpraktis dan teraman, tetapi memiliki jumlah maksimum barang yang berbeda-beda setiap rute. Terakhir jalur laut adalah cara paling mudah untuk mengirimkan barang besar dengan mudah dan aman tetapi pengirimannya cukup memakan waktu.