Flash Smartphone Android Dengan Mudah

Pada dasarnya flash Android tipe atau merek apa saja hampir sama, yang membedakan yaitu hanya pada Stock ROM atau Firmware. Jadi, jika Anda ingin melakukan flashing smartphone Android, Anda harus memperhatikan bahwa Firmware harus sesuai dengan smartphone Android Anda. Perlu kita ingat, pada setiap smartphone Android walaupun tipe dan mereknya sama, bisa saja Firmwarenya berbeda. Anda harus jeli dalam hal stock ROM atau firmware ini.

Syarat Dan Cara Flash Android

Untuk flash Android kita harus memiliki beberapa flash tool di bawah ini :

  1. USB VCOM
  2. MTK Driver
  3. SP Flash Tool
  4. Firmware/ Stock ROM yang sesuai dengan tiap smartphone
  5. Baterai Minimal 50%

 

Berikut ini akan dibahas caranya flash Android. Pertama-tama, kita instal terlebih dahulu USB VCOM serta MTK Driver. Lalu, setelah selesai terinstal keduanya, coba tancapkan dulu smartphone Anda sambil memencet (volume atas/ bawah atau power karena setiap HP bisa saja berbeda-beda) yang ingin Anda flash ke komputer atau laptop. Jika sudah muncul MTK, driver sudah berhasil terinstal.

Bukalah SP Flash Tool, untuk pemakaian Windows 7 atau Windows diatas Windows 7, klik kanan pada Flash_tool, pilih Run as Administrator. Lalu setelah SP Flash tool terbuka, pastikan download agent sudah otomatis terisi. Selanjutnya tinggal mengisi file Scatter-loading.

Selanjutnya kita pilih Scatter-loading, carilah file Scatter di firmware yang Anda download (sesuai dengan smartphone), lalu klik download. Selanjutnya sambungkan smartphone Anda ke komputer atau laptop dengan menggunakan kabel USB atau kabel data (jangan lupa untuk sambil menekan antara tombol volume up/ volume down/ power tergantung kepada masing-masing smartphone).

Proses flashing akan berjalan dengan munculnya proses berwarna kuning, silahkan Anda tunggu sampai proses tersebut selesai dengan tanda muncul lingkaran hijau yang tertulis OK. Selanjutnya kita lepas smartphone kita dan coba menghidupkan. Jika flashing berhasil, seharusnya smartphone Anda berjalan dengan normal seperti ketika baru beli. Sekian saja tutorial flashing smartphone tipandroid.com ini, semoga bermanfaat.