Hidung Sehat, Nafas Leluasa

Tubuh manusia terdiri dari berbagai macam organ yang berfungsi untuk menyokong kehidupan manusia. Setiap organ memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing yang saling berhubungan satu sama lainnya. Jika salah satu organ tersebut dalam kondisi yang tidak sehat, maka organ lain mungkin saja bisa terpengaruh menjadi tidak sehat juga. Oleh karena itu, organ-organ pada tubuh tersebut harus dijaga dengan baik agar semuanya senantiasa sehat dan prima, agar bisa bekerja dengan maksimal lalu tubuh pun akan menjadi sehat selalu. Salah satu organ penting pada tubuh manusia yang harus dijaga adalah organ hidung, dimana organ hidung tidak hanya berfungsi sebagai alat pernafasan tetapi memiliki fungsi juga sebagai indera penciuman.

Cara Menjaga Organ Hidung

Dengan fungsi hidung sebagai alat pernafasan dan indera penciuman menjadikannya organ tubuh manusia yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Jika hidung dalam keadaan yang tidak sehat, maka memungkinkan tubuh juga mengalami gangguan kesehatan lain seperti mengalami gangguan pada suara menjadi bindeng, ataupun mengalami gangguan pernafasan hingga membuat tubuh benar-benar merasa sesak sampai tidak bisa bernafas. Oleh sebab itu, hidung harus dijaga dengan sebaik-baiknya untuk menghindari hal-hal tersebut. Adapun di bawah ini beberapa cara yang bisa dilakukan Anda untuk menjaga kesehatan hidung:

  • Bersihkan Kotoran Pada Hidung

Hidung ketika sedang mengalami gangguan kesehatan seperti flu, pilek, ataupun bersin-bersin biasanya mengandung lendir yang lama-lama menjadi kering pada hidung dan menempel. Hal ini dapat membuat hidung menjadi kotor. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gangguan seperti diatas, Anda harus sering-sering membersihkan hidung Anda agar tetap bersih.

  • Jangan Korek Hidung Dengan Tangan

Umumnya, orang akan membersihkan hidung dengan menggunakan tangan, tetapi sebenarnya hal tersebut lebih baik dihindari. Tangan adalah bagian tubuh yang paling sering mengandung kuman paling banyak. Lebih baik Anda membersihkan hidung Anda dengan kain atau handuk.

  • Jaga Kelembapan Udara

Dengan ruangan yang udaranya kering dapat membuat organ hidung menjadi kering yang dapat mengakibatkan organ hidung menjadi mudah terinfeksi bakteri-bakteri yang berbahaya. Namun jika Anda dalam ruangan yang udaranya memiliki kelembapan diatas 60% juga dapat mengakibatkan hidung akan mudah tercemar dengan debu, jamur, dan tungau. Oleh karena itu Anda lebih baik berada pada ruangan yang memiliki kelembapan sekitar 40-50%.