Hidup Di Desa Bukan Kendala Membuka Usaha

Hidup didaerah pedesaan kadang dianggap sebagai kendala untuk membuka suatu usaha. Anggapan itu muncul dikarenakan masyarakat pedesaan yang tidak konsumtif, tidak ada industri atau perusahaan serta daerah pedesaan yang masih kental budaya. Tidak dipungkiri, membuka usaha di daerah pedesaan memang sulit. Sebagai contoh, ada seseorang yang membuka warung atau tempat makan, setelah beberapa bulan warung sepi dan modal tidak kunjung kembali, belum lagi kebiasaan masyarakat desa yang suka hutang. Pada akhirnya, usahanya tutup dalam keadaan rugi. Sehingga, banyak masyarakat desa yang mencari pekerjaan di daerah perkotaan. Sebetulnya, kita dapat mengatasi hal tersebut dengan cara membuka usaha jasa. Tetapi kita harus mempunyai skill atau kemampuan. Jadi sistem usahanya adalah pre-order, artinya kita bekerja jika ada pesanan. Contoh dari usaha tersebut adalah membuka jasa sebagai pembungkus hantaran pernikahan dan membuat snack dan catering.

Usaha Membungkus Hantaran Pernikahan

Di daerah pedesaan, sebagian besar masyarakat adalah kalangan ekonomi mengah ke bawah. Hal ini dapat kita manfaatkan dengan membuka jasa sebagai pembungkus hantaran pernikahan. Namun, kita perlu belajar secara autodidak melalui internet ataupun dari orang yang bisa, agar kita mampu membungkus hantaran pernikahan. Jika kita bisa dan sudah dianggap terampil oleh masyarakat, kita bisa membuka usaha tersebut. Kita berikan harga yang sesuai dengan kondisi ekonomi mereka, sehingga mereka tergiur untuk memakai jasa kita, dibandingkan jasa lain yang lebih profesional. Tetapi, kita juga harus memberikan hasil yang terbaik.

Usaha Membuat Snack Dan Catering

Jika Anda pandai memasak dan membuat kue-kue bolu, dapat dimanfaatkan untuk membuka usaha snack dan catering. Caranya adalah perlihatkan kepada masyarakat bahwa Anda pintar membuat berbagai kue, mulai dari kue bolu, kue pukis, kue lapis, hingga kue kering. Jika masakan Anda disukai, cobalah Anda membuka usaha untuk menawarkan berbagai kue kering untuk lebaran, membuat kue ulang tahun anak, serta membuat kue bolu untuk acara pernikahan. Hal ini dapat Anda lakukan secara kecil-kecilan dengan menggunakan sistem pesanan, sehingga kemungkinan untuk rugi hanya sedikit.