Hindari Penyakit Jantung Dengan Makanan Ini

Pemilihan makanan yang baik dapat membantu Anda untuk menghindarkan penyakit jantung yang menyeramkan. Tidak hanya melakukan check up rutin ke dokter, tapi dokter jantung juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang tepat agar terhindar dari penyakit jantung. Memperbaiki pola makan dan kebugaran juga sangat membantu memperlambat proses penyumbatan arteri, bahkan juga memberhentikan proses penyempitan arteri. Selain itu juga dapat menurunkan kolesterol jahat, tekanan darah, gula darah, dan berat badan Anda.

Makanan untuk jantung sehat tidak hanya dengan menjauhi makanan yang tidak sehat. Menjadi hal yang penting pula untuk menambahkan beberapa tipe makanan dan menjauhi jenis makanan kurang sehat lainnya. Konsumsilah beberapa tipe makanan berikut untuk menghindarkan Anda dari penyakit jantung.

Makanan Sehat, Jantung Pun Sehat

  1. Ketahuilah Dasarnya Terlebih Dahulu

Hal ini penting untuk Anda ketahui karena dengan mengetahui dasarnya, maka ke depannya Anda akan bisa menentukan makanan mana yang baik dan tidak baik. Dasar dari perencanaan makanan yang sehat itu mudah, yaitu dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan polong-polongan. Sesuai anjuran dokter jantung, makan itulah yang akan membantu Anda melawan penyakit jantung.

  1. Perbanyak Protein

Protein akan sangat membantu menyehatkan jantung Anda. Dalam hal ini, perbanyaklah variasi makanan yang mengandung protein tinggi, seperti daging putih, produk makanan rendah lemak, kacang-kacangan, dan ikan. Masih bisa merasakan kenikmatan makanannya kan jika mengonsumsi makanan tersebut.

  1. Batasi Lemak

Sebisa mungkin Anda harus menghindari makanan yang memiliki lemak dengan kadar yang tinggi. Contohnya margarin, produk susu tinggi lemak, potongan daging yang berlemak, serta beberapa jenis makanan trans fats seperti makanan pangan dalam kemasan, popcorn yang dibuat di microwave, dan makanan yang digoreng.

  1. Kurangi Garam

Garam adalah memang salah satu bumbu makanan yang lezat. Akan tetapi untuk menjaga kondisi jantung Anda, kurangilah konsumsi garam. Karena garam memiliki sifat yang bisa menaikkan tekanan darah Anda. Untuk penggantinya, tambahkan lagi makanan yang mengandung mineral tinggi seperti kalium, magnesium, dan kalsium. Tidak sulit kan? Dibandingkan Anda harus berobat ke dokter jantung jika terserang penyakit.