Ini Loh Cara Mudah Agar Anak Mengonsumsi Sayuran

Sering kali banyak orang tua yang mengeluh anaknya tidak mau mengonsumsi sayuran. Banyak anak yang mengatakan bahwa sayuran itu membosankan dan memiliki rasa yang tidak enak. Tetapi hal ini membuat orang tua khususnya ibu selalu kelimpungan untuk mengatasi hal ini. Karena khasiat yang terkandung pada sayuran membuat ibu harus memutar otak agar anak dapat mengonsumsi sayuran.

Tips Agar Anak Konsumsi Sayur

Makanan merupakan aspek penting dalam sebuah kehidupan, karena makanan mengandung energi yang dapat membuat orang mampu beraktivitas setiap hari. Terlebih pentingnya makanan bagi anak-anak membuat setiap ibu selalu memperhatikan apa pun yang dikonsumsi oleh anaknya. Pada masa pertumbuhan dan perkembangan anak-anak akan membutuhkan banyak makanan yang sehat dan bergizi, salah satunya berasal dari sayuran. Tetapi hal ini selalu menjadi tantangan para ibu untuk mengajak anak mengonsumsi sayuran. Beberapa tips yang dapat dilakukan agar anak dapat mengonsumsi sayuran dengan baik.

  • Perkenalkan sayuran sejak dini

Siapa sangka jika anak-anak ternyata memiliki memori yang hampir sama dengan orang dewasa. Nah hal ini dapat dimanfaatkan oleh ibu untuk memperkenalkan sayur dan makanan bergizi lainnya sedini mungkin. Pendidikan gizi sejak dini pada anak dapat menjadi rekaman hingga anak tumbuh menjadi dewasa bahwa konsumsi sayur itu penting bagi kesehatan tubuh. Jadi sebagai ibu jangan sampai ketinggalan fase ini pada pertumbuhan anak.

  • Membuat sayuran menjadi makanan menarik

Sering kali anak akan menolak mentah-mentak konsumsi segala bentuk sayur. Tetapi hal ini menjadi tantangan pada ibu untuk lebih kreatif dalam mengolah sayuran. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk memanipulasi keberadaan sayuran agar anak tidak sadar telah mengonsumsinya. Contohnya seperti membuat nugget yang berbahan sayur, risoles berisi potongan sayur, otak-otak sayuran, siomay bayam, dan semacamnya.

  • Berikan contoh yang baik

Anak merupakan cerminan dari orang tua, begitu pun dengan segala tingkah laku yang dilakukan oleh anak. Sebagai orang tua harus memberikan contoh yang baik agar anak juga menirunya. Hal ini juga harus diterapkan pada pola makan. Berawal dari orang tua yang selalu konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah serta mengurangi konsumsi junk food.

Perilaku ini pasti akan ditiru sebagai pembelajaran bagi anak bahwa orang tuanya juga mengonsumsi makanan yang sama. Jadi hal ini juga perlu diperhatikan bagi orang tua jika menginginkan anaknya untuk mengonsumsi sayur serta makanan sehat dan bergizi lainnya.

Demikian artikel seputar tips yang dapat dilakukan agar anak mau konsumsi sayuran. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi setiap ibu yang mengalami masalah seperti ini.