Jaga Kesehatan Mata Agar Terhindar Katarak

KatarakMata merupakan salah satu anugerah paling indah dan memiliki fungsi yang sangat penting bagi setiap makhluk hidup dan sudah seharusnya kita jaga kesehatannya. Meski demikian banyak orang yang masih menghiraukan kesehatan organ matanya. Penyakit mata sendiri ada yang menular dan ada yang tidak menular. Namun apapun bentuknya tentu kita harus tetap waspada dan peduli terhadap kesehatan mata kita. Penyakit mata sendiri ada berbagai macam jenisnya, dengan banyaknya jenis penyakit mata sudah seharusnya kita lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan mata kita, mengingat risiko yang cukup tinggi jika kita tetap mengabaikan kesehatan mata kita. Salah satu penyakit mata yang sering dialami masyarakat adalah Katarak.

Fakta Menarik Tentang Katarak

Penyakit mata dengan tingkat penderita paling banyak adalah katarak, Di Indonesia sendiri jumlah penderita penyakit ini sendiri diperkirakan ada sekitar 210.000-250.000 orang dengan presentasi pasien yang terancam buta mencapai setengah dari jumlah yang ada. Hal ini tentu sangat miris untuk dilihat dan mengakibatkan Indonesia menjadi negara dengan tingkat penderita tertinggi di Asia tenggara bahkan menempatkan Indonesia menjadi negara 2 di dunia dengan jumlah penderita tertinggi. Hal ini terjadi Karena biaya untuk proses penyembuhan yang tidak sedikit dan juga kebanyakan para penderita penyakit ini di Indonesia berasal dari kalangan keluarga kurang mampu dan untuk proses pengobatannya mereka terhalang Karena masalah biaya.

Menurut pandangan tindakan terbaik untuk proses pengobatan penyakit mata ini adalah dengan tindakan operasi namun sesungguhnya meski tindakan operasi menjadi tindakan paling efektif Karena memiliki presentasi keberhasilan yang cukup besar namun fakta lain menyebutkan tidak semua tindakan operasi yang dilakukan untuk proses penyembuhan cukup dilakukan satu kali saja. Biasanya para dokter juga akan menganjurkan metode penyembuhan lain selain dengan operasi tetapi hanya untuk kasus pada penderita stadium awal. Pengobatan herbal juga bisa dilakukan untuk penanganan penyakit ini namun biasanya tidak bisa menyembuhkan katarak secara total tetapi hanya bertujuan untuk mengurangi dan mencegah perkembangan penyakit ini ke arah yang lebih serius.

Related posts: