Jagalah Otak Kita, Organ Internal Penting

Organ yang satu ini sangat penting, karena merupakan sumber pergerakan tubuh kita dan sumber kecerdasan kita. Otak merupakan organ yang berada didalam kepala. Otak kita terbagi dalam 3 bagian, yaitu  otak besar, otak kecil dan batang otak. Otak besar adalah bagian paling besar pada otak kita. Sedangkan batang otak adalah bagian dari otak yang menghubungkan otak dengan sumsum tulang belakang. Ada tips mudah yang dapat kita terapkan untuk menjaga kesehatan otak kita. Hal-hal ini harus kita ingat untuk otak kita.

Hindari Hal Pantang Untuk Kesehatan Otak Mulai Sekarang!

Hal pentng yang pertama yaitu hindari konsumsi alkohol. Dalam kandungan alkohol terdapat cairan yang sifatnya tajam dan panas sehingga pembuluh darah seputar kepala akan luka dan rusak, hal tersebut akan memblokir atau menyumbat aliran oksigen dan darah ke otak kita. Konsumsi alkohol yang berlebihan juga berdampak pada berlubangnya selaput otak juga bisa berdampak pada kelaianan otak.

Selain alkohol, pemakaian rokok juga berbahaya kepada kesehatan otak. Tidak hanya perokok aktif, perokok pasif juga akan terkena dampaknya jika banyak menghirup asap dari rokok. Prosesnya adalah asap rokok masuk kedalam rongga hidung sampai ke jaringan-jaringan fungsional otak lewat darah. Asap tersebut akan membuat kotor pembuluh darah kita, dan terkahir sampai ke otak kita. Dampak yang akan terjadi akibat asap rokok yang masuk ke dalam otak yaitu otak akan kekurangan oksigen dan cairan. Pada akhirnya jaringan otak akan rusak dan berdampak pada telatnya berfikir otak tersebut.

Hal lain yang harus kita ingat adalah istirahat. Jika kita sering begadang malam, maka kualitas sel otak akan menurun akibat tidak stabilnya jumlah eritrosit atau sel darah merah. Dampak selanjutnya adalah berkurangnya konsentrasi pada kegiatan kita sehari-hari. Karena saat kita bekerja dan belajar membutuhkan kinerja otak yang optimal.

Dan yang terakhir tidak kalah pentingnya yaitu istirahat refreshing sejenak. Otak yang digunakan terus-menerus akan lelah, dampaknya pada kualitas konsentrasi dan fokus yang menurun sementara. Maka, alangkah baiknya kita menenangkan sejenak otak kita, dan digunakan kembali setelah otak kita kembali berenergi.