Jangan Sampai Salah Memasang Paving Block!

Paving block merupakan salah satu jenis batu bata yang digunakan untuk taman, jalan, halaman rumah, dan lainnya. Batu bata ini belakangan memang sangat sering ditemukan. Namun, mungkin Anda hanya melihat beberapa jenis di antaranya. Sebenarnya, batu bata ini dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan ukuran ketebalan dan juga bentuknya. Untuk dari segi ukuran, batu bata ini memiliki dua jenis ketebalan yakni 6 cm dan 8 cm. Semakin tebal batu bata, maka akan semakin mahal harganya. Selain itu, adapun beberapa jenis batu bata yang memiliki tipe hexagon, bata, trihek, cacing, dan topi uskup. Tapi, sudahkah Anda mengerti tentang tahapan memasang berbagai jenis batu bata ini?

Tahapan Memasang Paving Block

Untuk memasang berbagai jenis paving block tidaklah berbeda jauh. Jenis atau ukuran apapun yang Anda gunakan hanya dibutuhkan langkah yang sama. Berikut adalah tahapan untuk memasang batu bata agar tidak salah dalam memasang untuk halaman rumah, jalan, atau lain sebagainya:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan lahan. Anda harus membersihkan lahan dari berbagai jenis kotoran dan benda lainnya, seperti pohon, plastik, daun, lumpur, dan lain sebagainya. Setelah itu, ratakan bagian lahan agar tidak bergelombang. Untuk itu, Anda bisa melakukan pengurugan tanah dengan berbagai metode yang ada. Jangan lupa untuk melakukan leveling agar lebih merata.
  • Langkah kedua adalah menyebar abu batu atau pasir urug hingga ketinggian 5cm. Langkah ini dilakukan untuk lebih meratakan sebagai landasan.
  • Langkah ketiga adalah memasang paving satu persatu langsung di atas gelaran pasir sebelumnya. Aturlah sesuai dengan motif yang diinginkan dengan rapi.
  • Langkah terakhir, padatkan paving yang sudah ditata rapi dengan menggunakan stamper kodok. Langkah ini dilakukan bertujuan untuk lebih memadatkan atau meratakan permukaan lahan. Anda bisa menggunakan abu batu jika menemukan adanya celah di antara paving block. Selain itu, menyebarkan abu batu kembali di atas batu bata ini bertujuan untuk mengunci setiap batu bata agar tidak mudah tergeser.