Kenali Gejala Penyakit Prostat Sejak Dini

Ketika tubuh terserang penyakit terlebih penyakit yang mematikan tentu hal ini merupakan keadaan yang tidak di inginkan oleh setiap orang. Nah berbagi penyakit berbahaya kini bisa semakin mudah menyerang tubuh seseorang seperti penyakit kanker prostat. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit berbahaya yang bisa mematikan jika tidak segera di obati. Penyakit yang umumnya menyerang kaum pria ini bisa terjadi karena kurangnya penjagaan terhadap tubuh dan kurang menerpakan pola hidup sehat.

Gejala Kanker Prostat Dan Diagnosis Kanker

Salah satu bentuk menjaga tubuh dari serangan penyakit berbahaya adalah dengan mengenali berbagai gejala yang bisa ditimbulkan. Seperti halnya mengenali gejala awal penyakit kanker prostat, kalian perlu mengetahui berbagai gejala awal yang bisa ditimbulkan. Jika sudah mengetahui gejala awal maka langkah berikutnya kalian bisa segera berkonsultasi pada dokter dan mengobati agar penyakit tersebut tidak semakin parah.

Beberapa hal berikut bisa kalian kenali sebagai gejala awal penyakit prostat.

  1. Buang air kecil lebih sering terlebih lagi ketika malam hari
  2. Sulit untuk menahan berkemih
  3. Merasa kandung kemih selalu penuh
  4. Aliran kencing lebih lama
  5. Nyeri atau panas saat buang air kecil atau ejakulasi
  6. Adanya darah dalam urine
  7. Tekanan saat kencing berkurang
  8. Jumlah cairan ketika ejakulasi berkurang
  9. Rektum terasa nyeri

Nah beberapa gejala tersebut bisa kalian indikasikan bahwa tubuh mengalami penyakit kanker prostat. Jika sudah mengenali berbagai gejala seperti tersebut diatas, langkah selanjutnya kalian bisa periksa dan berkonsultasi kepada dokter tentang bagaimana pengobatan yang harus dilakukan. Dari pemeriksaan dokter pula kalian bisa mengetahui bagaimana diagnosis penyakit yang dialami.

Beberapa pemeriksaan dokter yang dilakukan untuk mendiagnosis penyakit prostat diantaranya dengan pemeriksaan melalui dubur. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui ukuran kelenjar prostat. Selanjutnya tes darah, dengan melakukan tes darah hasil yang diketahui akan lebih spesifik penyakit yang dialami seperti apa. Kemudian biopsi yaitu dengan mengambil sampel jaringan prostat untuk diperiksa di laboratorium.