Kenali UKM Sebagai Salah Satu Peluang Usaha

Usaha kecil dan Menengah atau sering disingkat dengan UKM adalah usaha berbasis masyarakat dalam bentuk kelompok maupun individu dalam skala kecil atau skala rumah tangga. UKM bahkan menjadi penggerak dalam perekonomian di Indonesia. Bisnis UKM ini mampu menghasilkan 60% dari Product Domestic Bruto di Negara kita tercinta. Itulah mengapa UKM dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Tips Membentuk UKM

UKM yang ada di Indonesia saat ini jumlahnya sangat banyak dan menghasilkan berbagai barang atau jasa yang bermanfaat bagi konsumen. Jenis-jenis UKM contohnya UKM yang bergerak di bidang kuliner, pendidikan, fashion, agribisnis dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah tips untuk membentuk UKM:

  1. Gali potensi yang ada di masyarakat

Setiap masyarakat pasti memiliki potensi untuk dikembangkan. Misalnya di suatu daerah x, mayoritas penduduknya menanam pepaya. Apabila panen maka pepaya yang dihasilkan banyak tetapi harga jual justru turun. Oleh karena itu diperlukan sebuah UKM yang mampu mengolah pepaya menjadi barang olahan dengan nilai ekonomis yang tinggi.

  1. Berdayakan masyarakat

Sesuai dengan konsep UKM sebagai penggerak perekonomian bangsa maka diperlukan adanya proses pemberdayaan di masyarakat. Dengan melakukan proses pemberdayaan maka kelangsungan dari UKM tersebut dapat terjaga kelestariannya. Selain itu UKM yang terbentuk dapat mengurangi pengangguran yang ada di wilayah setempat.

  1. Buatlah Produk yang inovatif

Produk yang inovatif sangat dibutuhkan untuk menambah nilai suatu produk di mata pelanggan. Buatlah suatu produk yang berbeda dari produk yang ada sebelumnya tanpa mengurangi manfaat ataupun kegunaan dari suatu produk. Inovasi inilah yang akan menjadi daya tarik tersendiri bagi produk-produk hasil UKM.

  1. Bangun Relasi

Sebuah UKM yang kuat dan berhasil tentu tidak lepas dari relasi dalam bisnisnya. Pembangunan relasi atau jejaring kerja sama ini sangat penting untuk memasarkan produk hasil UKM nantinya. Apabila pembangunan struktur dalam UKM telah lengkap dan didukung oleh relasi yang kuat maka dipastikan keberlangsungan UKM ini terjaga.

Demikianlah tips untuk membentuk UKM. Sangat mudah dipraktikkan bukan? Yuk, mulai dari sekarang.