Kesuksesan Kampung Inggris Pare

Apakah Anda pernah mendengar nama kampung Inggris? Apakah Anda tahu jika kampung tersebut kini telah menjadi pusat pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia saat ini, bahkan yang datang ke Kampung Pare tak hanya dari Indonesia saja, melainkan dari negara tetangga juga. Kesuksesan tersebut adalah berkat beberapa orang yang berjasa karena telah belajar bahasa asing dengan sangat baik, dan kemudian disalurkan ke orang banyak sebagai suatu bentuk pengajaran.

Ada kisah menarik dibalik sukses berdirinya Kampung Inggris di Pare yang sangat menarik untuk Anda ketahui. Dengan begitu Anda akan tahu dan semakin tertarik untuk datang ke sana. Anda juga akan merasa bangga bahwa di Indonesia terdapat suatu perkampungan yang dikenal di dunia internasional, dan ini tak terlepas dari sumbangsih para pendahulu yang luar biasa.

Kisah Dibalik Kesuksesan Kampung Pare

Pada suatu saat, ada dua orang mahasiswa yang datang dengan tujuan untuk mempelajari Bahasa Inggris kepada seorang guru bernama Ustadz Yazid yang berasal dari Pare. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian negara yang akan dilaksanakan dua minggu lagi. Ujian tersebut akan dilaksanakan di IAIN Sunan Ampel, Surabaya. Kemudian dua mahasiswa itu diberitahukan untuk belajar bahasa Inggris kepada Kalend, hal itu dikatakan oleh istri Ustadz Yazid. Kalend pun menyanggupinya.

Proses belajar mereka tidak terlalu lama namun sangat intens, kegiatan itu hanya dijalani dalam lima hari. Selang satu bulan kemudian dua mahasiswa itu pun kembali untuk memberi kabar kelulusan mereka kepada Kalend. Ternyata berita keberhasilan mahasiswa tersebut menyebar di lingkungan mahasiswa IAIN Sunan Ampel, Surabaya. Mereka ingin mengikuti pendahulunya tersebut dan ikut belajar kepada Kalend Osein setelahnya.

Semenjak itulah, pada tanggal 15 Juni 1977 Kalend mendirikan tempat kursus. Nama lembaga tersebut adalah Basic English Course atau BEC. Terletak di Desa Pelem, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Setelah dikembangkan selama puluhan tahun, minat belajar Bahasa Inggris pun meningkat dan berimbas semakin banyaknya kursus bahasa di Pare hingga menjadi Kampung Inggris seperti sekarang. Anda bisa dapatkan info tentang Kampung Pare dengan mengunjungi https://kampunginggrisme.com.