Komputer Kasir Sebagai Pengganti Mesin Kasir Sungguhan

 

Mesin kasir yang sebenarnya adalah komputer yang memiliki spesifikasi khusus yang memang digunakan hanya untuk keperluan bisnis, oleh sebab itu harga mesin kasir tidaklah murah. Sebagai alternatif, para pebisnis menggunakan komputer sebagai platform pengganti mesin kasir. Dengan digantinya mesin kasir dengan komputer sebagai sistem transaksi, tentunya budget yang dibutuhkan lebih murah dibanding dengan mesin kasir sesungguhnya karena itu penting mencari supplier komputer kasir terpercaya.

Perangkat Kasar Pada Komputer Kasir Sederhana

Dengan segala kebutuhan untuk memenuhi sistem kasir. Komputer harus dilengkapi pula dengan berbagai macam perangkat keras lainnya. Berikut ini adalah perangkat keras apa saja yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan komputer kasir yang biasa ditawarkan oleh supplier komputer kasir.

  1. CPU (Central Processing Unit)

Central processing Unit atau yang biasa disingkat CPU merupakan komponen utama dari komputer itu sendiri. CPU berfungsi sebagai otak untuk menjalankan sistem kasir pada komputer kasir. CPU juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan data baik pengeluaran dan pemasukan maupun data penyimpanan barang. CPU pada komputer kasir harus diisikan dengan perangkat lunak atau aplikasi sistem kasir itu sendiri. Umumnya, CPU yang digunakan untuk komputer kasir sudah  tergabung beserta dengan monitor sehingga terlihat lebih sederhana dan tidak terlalu memakan banyak tempat.

  1. Barcode Scanner

Merupakan alat yang digunakan untuk mendata atau menscan kode ataupun barcode pada suatu item produk. Setelah melakukan scan, barcode akan dikirim ke CPU agar data mengenai informasi suatu produk seperti nama, harga dan sebagainya dapat terlihat pada monitor. Penggunaan barcode mempermudah transaksi dan pendataan barang dengan hanya sekali scan informasi mengenai produk dapat terlihat. Mudah bukan?

  1. Printer

Printer pada komputer kasir berfungsi mencetak laporan keuangan ataupun nota dari setiap transaksi yang terjadi yang kemudian akan diberikan kepada pelanggan sebagai tanda bukti pembelian. Untuk mencetak nota ataupun faktur digunakan receipt paper atau biasa disebut kertas faktur sebagai media untuk mencetak setiap transaksi yang dilakukan pada komputer kasir.

Perangkat keras ini dapat dibeli di https://www.posmesinkasir.com web yang menyediakan segala macam kebutuhan perangkat komputer kasir Anda. Mulai dari perangkat lunak hingga perangkat keras sekalipun ada pada toko tersebut dan tentunya harganya murah dan mutu terjamin.