Manfaat Bawang Merah Yang Super Untuk Kesehatan

Sudah tahu bawang merah? Ya, bumbu dapur yang satu ini adalah bahan yang paling utama dipakai di setiap masakan apa pun. Bahkan hanya sekedar dadar telor saja harus pakai bawang merah agar memiliki cita rasa yang berbeda dari sekadar dadar biasa. Bawang merah adalah rempah yang wajib ada di dapur. Walaupun tempatnya di dapur, tapi kehebatan manfaatnya melebihi tempat mana pun bawang itu berada.

Kandungan Bawang Merah  Dan Khasiatnya Untuk Kesehatan

Bawang merah mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Ini karena didalamnya terkandung vitamin C, folat, kalium, mangan, dan zat aktif yang sangat baik bagi tubuh. Antioksidan yang terkandung di dalam bawang ternyata mampu mencegah risiko kanker. Selain itu, bawang merah juga mengandung zat hormon auksin dan giberelin, yaitu zat pengatur tumbuh alami.

Untuk itulah bawang merah termasuk ke dalam golongan tanaman obat karena mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin yang akan merubah diri menjadi anti mikroba yang bersifat anti bakteri dengan bantuan enzim alliinase. Dengan tingginya kandungan yang ada di dalam bawang merah, sangat memungkinkan sekali memanfaatkan khasiat yang dibawa rempah baik ini.

Beberapa khasiat bawang merah yang dapat ditemukan adalah dapat meminimalisir terjadinya pembekuan darah dengan memakan umbinya yang masih mentah atau yang sudah masak lalu mencampurnya dengan keju. Air perasan bawang merah juga mampu menghilangkan rasa sakit pada luka dan mengobati mata ikan pada kaki. Caranya adalah dengan membubuhkan irisan bawang merah bersama air perasannya ke mata kaki dari sore hingga pagi hari. Ulangi terus hingga mata kaki terlepas sendiri.

Begitu banyaknya khasiat bawang merah untuk dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari membawa bawang merah menjadi tumbuhan yang paling penting berada di dalam rumah kita. Banyak artikel yang mengupas khasiat-khasiat bawang merah lainnya yang dapat ditemukan di berbagai media. Jadi, jangan buru-buru ke dokter kalau di rumah ada bawang merah. Manfaatkan khasiatnya sebagai obat tradisional yang mujarab.