Mata Uang Dalam Dunia Digital

Siapa yang tidak kenal dengan istilah bitcoin? Bagi yang belum tahu, bitcoin merupakan salah satu mata uang digital yang memiliki nilai crypto currency market paling tinggi di dunia. Crypto currency merupakan mata uang digital pada internet yang tujuannya agar tidak dapat dipengaruhi oleh bank sentral dan juga Perbedaan geografis. Bisnis trading dengan menggunakan crypto currency sedang terkenal di negara – negara maju contohnya amerika serikat.

Jenis – jenis Crypto Currency

Selain bitcoin yang kini sering diperbincangkan. Masih banyak lagi mata uang digital (CryptoCurrency) yang ada di dunia. Ada lebih dari 3000 jenis mata uang digital. Berikut adalah mata uang digital yang memiliki nilai crypto currency market yang tinggi.

  1. Bitcoin

Bitcoin dapat dikatakan sebagai pelopor dari crypto currency. Bitcoin pertama kali diumumkan pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto secara terbuka. Saat ini bitcoin memiliki nilai pasar terbesar dengan US$ 15 miliar. Hal ini pula yang menjadikan bitcoin sebagai mata uang digital induk hingga mata uang yang lain disebut dengan altscoin (koin alternatif).

  1. Ethereum

Ethereum atau yang biasa disebut ether merupakan saingan terkuat bitcoin. Saat ini nilai dari ether di dunia menyentuh angka hingga US$ 942 juta. Ether dibuat oleh pria kebangsaan Rusia bernama Vitalik Buterin pada tahun 2014. Ethereum juga terkenal karena tidak adanya pihak ketiga yang dapat mengganggu dalam transaksi.

  1. Litecoin

Biasa disingkat dengan LTC, dibuat oleh Charles lee, seorang mantan karyawan google pada tahun 2011 dengan tujuan mengalahkan bitcoin. LTC sempat mencapai US$ 1,2 miliar pada tahun 2013 namun kini merosot hingga US$ 200 juta.

  1. Monero

Monero biasa digunakan untuk orang yang ingin bertransaksi dengan mata uang digital namun tak mau identitasnya ketahuan. Saat ini monero memiliki nilai pasar sekitar US$ 181 juta.

  1. Dash

Dash adalah kepanjangan dari Digital Cash sebelumnya bernama Darkcoin. Saat ini nilai pasar dash sekitar US$ 113 juta.

Pada dasarnya, mata uang digital dapat juga mengalami naik atau turun nilai crypto currency market –nya. Oleh sebab itu pintar – pintarlah dalam berinvestasi mata uang digital agar mendapatkan keuntungan yang besar.