Mengenal Jenis Bahan Yang Digunakan Sebagai Medali Wisuda

Medali wisuda merupakan salah satu benda yang paling wajib untuk dipersiapkan. Bahkan di beberapa tempat, medali menjadi sebuah simbol bagi kelulusan seseorang. Oleh sebab itu, jangan sampai medali terlupakan saat momen yang sangat penting itu. Faktanya, ada berbagai jenis medali yang biasa digunakan untuk wisuda. Mulai dari bentuk dan jenis bahan, beberapa medali memiliki perbedaan masing-masing. Jika Anda masih bingung, maka Anda bisa mencari tahu beberapa jenis bahan yang biasa digunakan untuk medali. Apa saja itu? Berikut ulasan singkatnya untuk Anda.

Jenis-Jenis Bahan Medali Untuk Wisuda

Untuk medali wisuda, biasanya ada beberapa jenis bahan yang paling banyak digunakan. Bahkan beberapa jenis bahan tersebut memiliki ciri khas masing-masing. Selain itu, bahan medali juga mempengaruhi harga. Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan jenis bahan sebagai acuan untuk menghitung biaya yang akan dikeluarkan nantinya. Secara umum, medali untuk wisuda biasanya menggunakan bahan akrilik, plastik dan juga kuningan.

Untuk jenis bahan medali yang pertama adalah akrilik. Jenis bahan ini merupakan jenis bahan yang paling mudah ditemui. Lebih kuat dari plastik, akrilik juga masih memiliki sisi yang elegan untuk digunakan sebagai medali. Bahkan belakangan medali akrilik ini mulai dilirik oleh banyak orang. Karakteristik bahannya yang mudah dibentuk dan dapat disesuaikan dengan desain apapun membuat akrilik menjadi daya tarik tersendiri.

Lalu, ada pula medali yang terbuat dari plastik. Untuk jenis ini biasanya memiliki bahan yang lebih ringan dibandingkan dengan jenis bahan lainnya. Tak heran jika medali plastik banyak digunakan untuk medali anak TK agar lebih ringan dan tidak mudah melukai anak-anak. Selain itu, harganya pun lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis medali lainnya.

Selain itu, medali berbahan dasar kuningan juga menjadi favorit tersendiri. Beberapa universitas bahkan menggunakan medali kuningan ini sebagai medali wisuda. Meskipun desainnya yang tidak terlalu bermain dengan warna seperti medali akrilik atau plastik, medali kuningan ini memang menjadi ciri khas sebagai sebuah penghargaan untuk beberapa orang.