Mengenal Tata Cara Mandi Wajib

Thaharah atau bersuci dapat dilakukan dengan cara berwudu ataupun dengan mandi. Mandi terdiri dari mandi sunah maupun mandi wajib. Untuk mandi wajib itu sendiri dilakukan ketika Anda sedang dalam keadaan junub ataupun memiliki hadast besar. Bagi Anda yang akan melakukan mandi wajib hendaknya memperhatikan tata cara mandi wajib sesuai dengan sunah Rasulullah SAW.

Tata Cara Mandi Wajib yang Wajib Anda Ketahui

Mandi merupakan cara untuk membersihkan hadast atau kotoran yang menempel pada tubuh kita. Mandi juga merupakan salah satu bentuk thaharah atau bersuci yang dapat membersihkan  hadast besar maupun kecil pada tubuh Anda. Seperti ibadah yang lainnya, mandi wajib juga memiliki tata cara yang harus Anda penuhi. Berikut adalah tata cara mandi wajib yang dapat Anda lakukan:

  • Niat mandi wajib

Salah satu tata cara mandi wajib yang terpenting adalah membaca niat. Niat dapat dibaca di dalam hati. Niat mandi wajib dapat diucapkan dalam bahasa Arab maupun bahasa Indonesia. Pastikan Anda membaca niat sebelum melakukan mandi wajib karena itu yang membedakan dengan jenis mandi lainnya.

  • Membersihkan bagian-bagian tubuh yang kotor

Selanjutnya setelah melafalkan niat langkah selanjutnya Anda dapat membersihkan bagian tubuh Anda. Sebelum melakukan pembersihan, basuhlah tangan sejumlah tiga kali dan bersihkan tubuh yang kotor menggunakan tangan kiri. Setelah membersihkan bagian tubuh yang kotor, basuh tangan Anda menggunakan sabun ataupun tanah.

  • Berwudhu

Setelah selesai membersihkan bagian tubuh yang kotor dan mencuci tangan maka langkah selanjutnya adalah berwudhu. Anda dapat berwudhu sebagaimana biasanya.

  • Mengguyur kepala dan seluruh tubuh

Guyur kepala dan seluruh tubuh secara merata menggunakan air. Sesuai dengan sunah Rasul guyurlah kepala sebanyak tiga kali. Pastikan air yang digunakan merata ke seluruh tubuh. Gunakan sabun dan shampo agar bersih secara menyeluruh.

Demikianlah tata cara mandi wajib yang harus Anda ketahui sebelum melakukan mandi wajib. Pastikan Anda mengikuti semua tata cara tersebut yang sesuai dengan sunah Rasul. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.