Meningkatkan Kesehatan Dengan Manfaat Daun Kelor

Apa yang melintas di pikiran kalian jika mendengar kata daun kelor? Identik dengan hal supranatural? Atau malah kalian berpikir kalau itu makanan kambing? Well, mungkin bagi sebagian orang, daun kelor hanya tanaman berdaun kecil yang dipakai untuk hal mistis. Namun faktanya, daun kelor memiliki manfaat yang lebih luar biasa bagi tubuh kita. Lupakan hal klenik. Mari kita berbicara sesuatu yang ilmiah.

Sayur Daun Kelor Yang Bercitarasa Unik

Apa kalian terkejut dengan fakta ini? Banyak yang meremehkan atau menertawakan orang yang mengonsumsi daun kelor tanpa mengetahui nilai gizi di dalamnya. Di NTB sendiri, pemanfaatan kelor sebagai sayur sudah sangat populer. Bukan hanya daunnya, tapi juga buahnya yang panjang itu. Biasanya daun ini dimasak sebagai sayur bening dengan sedikit tambahan irisan bawang merah. Bagaimana dengan rasanya? Mirip sayur bayam, namun aromanya lebih khas dan lebih segar.

Menjaga Kesehatan Dengan Kandungan Gizi Unggul Dalam Daun Kelor

Salah satu cara sederhana untuk sehat adalah mengonsumsi daun kelor. Jangan meremehkan nilai gizi daun kelor. Bisa jadi makanan lain yang biasa kalian konsumsi tidak lebih bergizi dari daun itu. Tidak percaya? Faktanya, daun kelor kaya akan potasium. Kandungannya bahkan tiga kali lebih banyak dari buah pisang. Lalu kandungan vitamin C-nya yang ternyata jauh lebih tinggi daripada jeruk. Perbandingan vitamin C antara keduanya adalah 1:7. Sangat jauh, bukan?

Hanya Itu?

Masih ada lagi! Ternyata vitamin A yang terdapat pada daun kelor empat kali lebih tinggi daripada wortel. Lalu berturut-turut, kandungan kalsiumnya empat kali lebih banyak daripada susu, dan zat besi yang 25 kali lebih banyak daripada bayam.

Di samping bermanfaat bagi kesehatan tubuh, daun kelor bisa digunakan untuk merawat kulit. Antioksidan yang ada di dalamnya membantu menangkal radikal bebas dan bagus untuk perawatan kecantikan kulit. Cukup dengan menjadikannya masker, kalian bisa memperoleh kulit yang sehat. Selain itu, kalian bisa rutin mengonsumsinya agar membantu menjadikan kulit lebih halus dan mengurangi timbulnya jerawat. Tapi perlu diingat, konsumsi secukupnya saja.

Jadi bagaimana? Sudah cukup tertarik untuk mencoba mengonsumsi daun kelor?