Meningkatnya Daya Beli Konsumen

Dalam memenuhi kebutuhannya, masyarakat pasti akan membeli kebutuhan mereka sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Namun ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi daya beli masyarakat sebenarnya. Dengan meningkatnya konsumerisme, membuat permintaan pasar semakin tinggi dan barang atau produk semakin beraneka ragam di pasaran. Begitu juga tempat konveksi seperti konveksi seragam semakin banyak merajai pasaran. Oleh karena itu, bisa kita lihat saat ini dimana-mana pasti banyak sekali tempat konveksi, toko kebutuhan sandang maupun pangan yang berada di sekitar kita. Tidak hanya di kota-kota besar, di kota-kota kecil bahkan di desa juga sudah banyak berdiri.

Faktor Yang Memengaruhi Daya Beli Masyarakat

Setiap tindakan pasti selalu memiliki sebuah alasan. Begitu juga masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya, mereka juga pasti memiliki alasan mengapa harus membelinya. Memang ada beberapa alasan atau faktor yang memengaruhi daya beli masyarakat, dan akan kita bahas saat ini.

  1. Tingkat Pendidikan

Semakin tinggi pendidikan seseorang pasti semakin tinggi juga kebutuhan yang harus dipenuhinya. Contohnya seorang pekerja kantoran, pasti membutuhkan seragam kerja, dapat dibuat di konveksi seragam. Selain itu, mereka juga pasti butuh komputer dan barang lainnya.

  1. Tingkat Pendapatan

Pendapatan atau biasa kita sebut gaji selalu beraneka ragam. Tergantung pekerjaan yang mereka lakukan. Semakin tinggi pendapatan, daya belinya juga semakin tinggi.

  1. Tingkat Kebutuhan

Kebutuhan setiap masyarakat pasti berbeda. Tempat tinggal juga memengaruhinya, kebutuhan masyarakat yang ada di kota pasti lebih tinggi daripada kebutuhan masyarakat yang berada di desa.

  1. Harga Barang

Harga barang sangat memengaruhi daya beli masyarakat. Semakin tinggi harga barang, daya beli masyarakat menurun, begitu juga sebaliknya.

Lebih Baik Konsumtif Atau Produktif?

Konsumtif dan produktif adalah dua hal yang berbeda namun saling berkaitan. Jadilah anak bangsa yang tidak hanya membeli saja, tapi menghasilkan atau produktif. Contoh, dengan membuka Konveksi seragam, ataupun dengan membuat sebuah produk yang saat ini sangat dibutuhkan. Hal ini lebih positif daripada kita hanya membeli dan membeli saja. Jika membeli produk lokal, namun jika yang dibeli adalah produk luar, itu berarti kita tidak cinta tanah air.