Menjaga Kesehatan Indera Penglihatan Yaitu Mata

Mata merupakan salah satu indera pada tubuh kita yang sangat penting. Mata berfungsi sebagai indera penglihatan, tentunya sangat penting untuk kita menjaga kesehatan indera penglihatan ini. Dengan mata yang sehat kita bisa konsentrasi mengerjakan sesuatu, dan dengan mata yang sehat kita tidak perlu menggunakan alat bantu penglihatan seperti kacamata atau lensa kontak.

Menghindari Dampak Negatif Dari Penggunaan Gadget

Pada dasarnya lensa kontak ataupun kacamata digunakan untuk menormalkan kembali kualitas dari indera penglihatan ini. Biasanya kacamata dan lensa kontak memiliki kisaran harga yang cukup mahal. Maka dari itu akan lebih baik jika kita menjaga kesehatan mata kita agar tidak harus menggunakan alat bantu indera penglihatan tersebut.

Berbagai macam kelainan penglihatan yaitu seperti rabun jauh, rabun dekat dan juga gangguan silindris. Tentunya banyak hal yang bisa menyebabkan mata kehilangan kesehatannya. Melihat layar dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan gangguan mata dalam jangka panjang. Saat ini tentunya sudah semakin banyak orang yang menggunakan gadget seperti smartphone, komputer dan juga laptop.

Dalam era teknologi canggih saat ini, penggunaan alat teknologi yang berlayar tersebut sudah sangat tersebar dan sering digunakan oleh kalangan apapun baik dari segi usia, ekonomi ataupun jabatan. Sekarang ini bisa kita lihat, sudah banyak anak kecil yang bermain smartphone atau memiliki smartphone. Dibandingkan bermain permainan fisik seperti bermain sepakbola di lapangan atau bermain keluar bersepeda bersama teman-teman, beberapa anak lebih memilih menghabiskan waktunya dominan pada penggunaan gadget.

Tentunya jika kita tidak bisa mengontrol pandangan kita terhadap gadget, mata kita akan terganggu kesehatannya. Misalkan kita melihat layar gadget dalam jangka waktu yang lama, tentunya hal tersebut tidak hanya membuat mata kita lelah, tetapi bisa juga mengganggu kesehatan mata kita nantinya. Untuk menghindari hal tersebut, alangkah baiknya jika kita mengurangi penggunaan gadget yang berlebihan. Setelah kita menggunakan gadget pada waktu yang tidak terlalu lama, biarkanlah mata kita beristirahat. Istirahat untuk mata lebih baik dengan memejamkan mata atau dengan tidur.