Menjaga Kesehatan Saluran Pernafasan Itu Penting Loh!

Artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa cara yang dapat dilakukan agar dapat mencegah penyakit pada saluran pernafasan. Oksigen merupakan salah satu kebutuhan yang sangat wajib bagi manusia, bahkan lebih penting daripada makan. Kok bisa? Manusia tidak bisa hidup apabila tidak menghirup oksigen walau hanya beberapa puluh detik.

Mungkin jika ada perlombaan menahan nafas selama beberapa detik manusia masih bisa bertahan. Namun ketika sudah melebihi waktu yang wajar bisa dapat menyebabkan kematian pada sel tubuh. Oksigen disediakan gratis oleh Tuhan, namun ketika sakit harus membayar di rumah sakit.

Yuk Jaga Kesehatan Saluran Pernafasan!

Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dipahami bahwa fungsi oksigen sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Bahkan jika jantung tidak mampu memompakan darah yang kaya akan oksigen ke salah satu bagian tubuh akan menyebabkan kematian sel yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Saluran pernafasan terdiri dari beberapa organ yang saling bekerja sama dalam mengatur udara yang dihirup oleh manusia.

Mulai dari hidung yang mengandung bulu-bulu halus kemudian ke tenggorokan, bronkus, bronkiolus yang memiliki silia kemudian masuk ke paru-paru dan alveoli. Lumayan banyak ya organ yang bekerja sama sebagai saluran pernafasan. Oleh karena itu simak ulasan berikut ini untuk mengetahui cara menjaga kesehatan saluran pernafasan.

  • Bangun pada Pagi Hari

Pada pagi hari udara di luar terasa masih bersih karena masih belum banyak kendaraan bermotor serta aktivitas lainnya yang dapat menimbulkan pencemaran udara. Terlebih bagi Anda yang tinggal di daerah yang masih asri seperti perdesaan akan merasakan udara pagi yang sangat sejuk. Menghirup udara sejuk di pagi hari akan membuat saluran pernafasan Anda menjadi lebih sehat.

  • Jangan Mencabut Rambut Hidung

Rambut halus yang ada di hidung memiliki peranan yang sangat penting guna menyaring udara yang dihirup oleh manusia. Pencabutan atau pemotongan rambut hidung akan menyebabkan udara yang masuk ke saluran pernafasan tidak disaring terlebih dahulu. Hal tersebut tentunya sangat berbahaya karena debu dan partikel yang masuk apalagi dengan ukuran besar akan masuk ke paru-paru.

Demikian artikel mengenai cara menjaga kesehatan saluran pernafasan, semoga bermanfaat.