Penyebab Gangguan Jantung Yang Tidak Anda Sadari

Apakah Anda pernah mendengar tentang seseorang yang melakukan pola hidup dan makan sehat namun terkena penyakit jantung? Tentunya membuat Anda heran, sebab mengonsumsi makanan sehat dan pola istirahat dan olahraga teratur memang dapat menjaga fungsi jantung. Namun beberapa hal yang tidak Anda sadari dan dilakukan setiap hari dapat menjadi salah satu penyebab gangguan pada jantung.

Stres Berlebihan

Pikiran dan tubuh adalah satu kesatuan yang bekerja secara berkesinambungan. Jika pikiran Anda tenang maka tubuh Anda cenderung akan sehat. Sebaliknya ketika pikiran Anda stres, maka tubuh akan melepaskan hormon adrenalin yang dapat mempengaruhi fungsi kinerja tubuh sementara seperti detak jantung dan tekanan darah yang terus meningkat. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka hal ini akan dapat mengakibatkan kerusakan pembuluh darah pada jantung.

Terlalu Lama Duduk

Duduk sepanjang hari selama lebih dari 5 jam sehari akan menyebabkan risiko penyakit jantung lebih tinggi. Jika tubuh terlalu banyak duduk dan tidak melakukan aktivitas lainnya, maka peredaran tubuh akan terhambat. Hal ini akan mengakibatkan kinerja jantung juga menjadi tidak optimal. Cobalah untuk tetap melakukan aktivitas fisik lainnya paling tidak sejam sekali dan tidak menghabiskan waktu sehari hanya dengan duduk.

Tidak Menjaga Kesehatan Gigi

Meskipun kelihatannya tidak ada hubungan antara kesehatan gigi dengan jantung, namun sebetulnya hal ini memiliki keterkaitan. Jarang membersihkan gigi akan mengakibatkan kerusakan gusi. Saat menderita penyakit gusi, inflamasi pada tubuh akan terus meningkat. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain itu, luka pada gusi akan mempermudah kuman untuk masuk.

Menjadi Perokok Pasif

Merokok merupakan salah satu penyebab penyakit jantung yang paling utama. Namun bagi Anda yang sering menghirup asap rokok walaupun Anda bukanlah perokok atau yang lebih dikenal dengan perokok aktif, justru memiliki risiko yang lebih besar dari perokok aktif. Asap rokok memicu terjadinya pembekuan darah yang dapat menghambat aliran darah menuju ke jantung. Selain itu, hal ini juga dapat memicu munculnya plak pada arteri.