Persyaratan Untuk Mendirikan Perseroan Terbatas (PT)

Pembuatan PT – Perseroan Terbatas, atau biasa disingkat sebagai PT, merupakan suatu badan usaha yang dimiliki atau didirikan oleh sekurang-kurangnya dua orang tanpa adanya keterlibatan harta pribadi di dalamnya, dan hanya memiliki tanggung jawab atas perusahaan tersebut.

PT merupakan perusahaan yang berbadan hukum yang jelas. Maka dari itu, dalam mendirikan sebuah Perseroan Terbatas atau PT ini tidak bisa sembarangan, sebab akan melibatkan pihak lain yang terkait, seperti notaris, dan lain sebagainya.

Hal Penting dalam Pendirian Sebuah PT

Sebuah Perseroan Terbatas atau PT haruslah memiliki izin usaha yang jelas. Nah, sebelum mengurus izin usaha tersebut, diperlukan semacam surat keterangan atau akta pendirian PT yang menjelaskan tentang pendirian dan pembuatan PT tersebut.

Akta pendirian PT ini dapat diurus melalui notaris selaku pejabat pembuat akta, kemudian disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Dengan terbitnya akta pendirian PT serta SK Kemenkumhan RI atas sebuah perusahaan berbentuk PT, maka NPWP perusahaan PT juga akan keluar secara otomatis. Ini berdasarkan regulasi terbaru yang berlaku. Jadi, pemilik PT tak perlu lagi mengurus NPWP PT secara manual di Kantor Pelayanan Pajak.

Selain itu, ada juga beberapa persyaratan lainnya yang cukup penting dalam hal pendirian sebuah PT, salah satunya adalah modal usaha. Ini merupakan persyaratan yang sangat fundamental.

Modal dasar sebuah Perseroan Terbatas diatur dalam UU no. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Dalam UU tersebut, disebutkan bahwa modal dasar sebuah PT sekurang-kurangnya Rp 50.000.000 serta setoran minimal untuk modal PT tersebut adalah sebesar 25 persen.

Kemudian, sebuah PT juga harus memiliki domisili usaha. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya SKDP atau Surat Keterangan Domisili Usaha . Namun, belakangan ini beredar kabar bahwa persyaratan ini mulai dihapuskan, khususnya di wilayah DKI Jakarta, sebab perusahaan bisa menggunakan virtual office sebagai domisili perusahaan tersebut.

Lalu, pembuatan PT juga tak lepas dari SIUP dan TDP. Tetapi, untuk kedua surat tersebut, sekarang kita semakin dipermudah karena kita bisa mengajukannya secara online.