Pertumbuhan Bayi Usia 6 Bulan

Tak terasa pertumbuhan bayi Anda telah melewati setengah dari masa tahun pertama. Bayi Anda telah mulai dalam mempelajari komunikasi dan kemungkinan saat ini telah memakan makanan padat. Berikut pembahasan singkat mengenai tahap-tahap tumbuh kembang bayi berusia 6 bulan yang tentu Anda harapkan agar dapat dicapai bayi Anda pada usia ini.

Ketahui Pertumbuhan Bagi Bayi Usia 6 Bulan

  • Tumbuh kembang bayi usia 6 bulan

Pada beberapa bulan awal kehidupannya, berat badan bayi bertambah kira-kira 600 gram hingga 1,5 kg setiap bulan. Berat badan bayi berusia 6 bulan seharusnya sebesar 2 kali lipat berat badan saat dilahirkan.

  • Kemampuan motorik kasar

Bayi berusia 6 bulan mulai mampu duduk sendiri. Awalnya kemungkinan dia harus menopang tubuhnya dengan tangannya, namun seiring waktu dia akan mampu duduk tanpa topangan tangan. Dia pun sudah mampu berguling ke posisi telentang dan telungkup sendiri.

  • Kemampuan motorik halus

Dari segi kemampuan motorik halus, seharusnya pertumbuhan bayi pun semakin berkembang. Bayi berusia 6 bulan mulai belajar menggunakan masing-masing jarinya atau secara bersamaan untuk mengambil benda kecil. Kemampuan ini akan berkembang terus selama beberapa bulan mendatang.

Pada usia ini jangan terpancing membandingkan bayi Anda dengan bayi lain, sebab bayi adalah individu unik dengan minatnya masing-masing. Sebagai contoh ada bayi yang senang duduk mengamati dan ada pula bayi yang senang aktif bergerak.

  • Tidur

Umumnya bayi usia 6 bulan mampu tidur selama enam hingga delapan jam setiap kali tidur. Karena sudah mampu berguling, kemungkinan dia tidur dalam posisi telentang dan bangun dengan posisi tengkurap.

  • Makan

Bayi usia 6 bulan umumnya siap memakan makanan padat. Awali dengan bubur susu ataupun buah yang mudah dicerna (contohnya pisang). Sebelum memperkenalkan makanan baru, berikan jeda tiga atau empat hari (untuk memastikan tak alergi pada makanan baru itu).

  • Komunikasi

Bayi usia 6 bulan mampu tersenyum, tertawa dan juga berceloteh. Mungkin dia mengucapkan kata-kata seperti ‘dadada’ atau ‘mamama’ walau masih belum mampu mengasosiasikannya. Untuk mendukung perkembangannya, tanggapi celotehannya atau bacakan buku cerita padanya.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang pertumbuhan bayi di usia 6 bulan, semoga bermanfaat.