Perubahan Waktu yang Merubah Fungsi Pakaian

Industri pembuatan pakaian di Indonesia saat ini semakin terus meningkat mengingat pengaruh globalisasi yang akhirnya kadang harus memaksa masyarakat untuk mengikuti model pakaian yang selalu berganti. Hal tersebut memberikan dampak positif pada industri garment di Indonesia. Model yang terus berganti seringkali mengantarkan ide-ide kreatif untuk bikin baju sendiri dengan memanfaatkan jasa garment maupun konveksi. Pada hakikatnya, pakaian merupakan sesuatu yang digunakan untuk melindungi menutupi tubuh manusia tetap terlindungi. Namun, seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi yang semakin canggih dari waktu ke waktu, fungsi pakaian sendiri bukan hanya sebagai pelindung tubuh. Fungsi pakaian saat ini sudah tidak sesederhana sebagai pelindung maupun penutup tubuh lagi. Fungsi pakaian juga mengalami perubahan, berbanding lulus dengan perkembangan budaya dan teknologi saat ini.

Fungsi Pakaian Yang Terus Mengalami Perkembangan

Bikin baju sendiri dengan menggunakan desain yang dibuat sendiri dapat mencerminkan bahwa mereka merupakan orang-rang kreatif yang sangat suka berekspresi. Nilai tersebut merupakan salah satu contoh bagaimana fungsi pakaian bukan lagi sekedar penutup tubuh. Fungsi pakaian seiring dengan perubahan jaman.

  1. Sebagai identitas

Pakaian dapat menunjukkan identitas seseorang. Orang lain akan langsung tahu bahwa orang yang berdiri di pinggir jalan merupakan polisi hanya dengan melihat pakaian yang dia kenakan. Anak-anak yang saat ini bermain di halaman adalah murid sekolah dasar, menilik dari seragam yang mereka kenakan.

  1. Penunjuk kelas sosial

Pakaian dapat dijadikan sebagai penunjuk kelas sosial seseorang. Contohnya, ketika seseorang yang berjalan di tengah mal adalah orang kaya begitu melihat dari pakaian berbahan sutra yang dia pakai. Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa kain sutra adalah kain yang mahal. hal tersebut dapat diasumsikan bahwa hanya orang yang memiliki banyak uang yang mampu membelinya. Pakaian dapat menunjukkan kelas sosial seseorang, walaupun ada banyak orang kaya yang lebih suka berpenampilan sederhana.

Fungsi pakaian yang dapat dijadikan sebagai identitas dan penunjuk kelas sosial seseorang membuat fungsi pakaian tak lagi sekedar pelindung dan penutup tubuh. Bikin baju dengan desain sendiri, saat ini juga semakin banyak dilakukan untuk menunjukkan kreativitas mereka.