Printer ID Card, Solusi Cetak Kartu Identitas

Dalam keperluan sekolah dan kerja, kita membutuhkan sesuatu untuk mencetak dokumen dan foto. Alat tersebut dinamakan printer, alat ini dapat mencetak dokumen atau foto dalam bentuk kertas sesuai dengan keinginan kita. Tetapi sudah banyak toko yang jual printer id card, yaitu alat yang dapat mencetak kartu khusus identitas diri atau disebut juga kartu id.

Dengan printer sebenarnya kita bisa mencetak apa saja, termasuk kartu identitas diri. Tetapi untuk penggunaan printer dalam mencetak ID card dibutuhkan energi dan waktu yang lebih lama. Perbedaan mendasar dari pencetakan kartu identitas diri dengan  printer dan dengan printer ID card adalah penggunaan kertasnya. Printer biasa menggunakan kertas putih HVS atau dalam ukuran A4, sedangkan untuk printer ID card menggunakan kertas PVC yang menjadi bahan dasar pembuatan kartu identitas diri. Kertas PVC ini memiliki tekstur  berbeda dengan kertas biasanya, kertas PVC lebih kuat dibanding kertas putih. Kertas PVC mempunyai ukuran yang tepat untuk khusus pembuatan kartu identitas diri. Untuk kertas PVC juga dapat dibeli toko yang jual printer id card.

Mengapa Lebih Memilih Printer ID Card?

Jika kita menggunakan printer, maka kita harus menyesuaikan ukuran kertas dengan ukuran kartu. Ukuran kartu otomatis lebih kecil dari ukuran kertas printer biasa. Hasil yang didapat dari pencetakan menggunakan printer tentunya kertas  lebar dengan ukuran A4 biasanya. Sedangkan jika kita menggunakan printer ID  card, hasil cetak berupa kartu yang siap pakai. Bisa kita lihat, perbedaan ada pada hasil cetak, hasil cetak printer biasa  masih harus dipotong menjadi ukuran kartu yang lebih kecil, biasanya kertas dipotong menggunakan alat  potong kertas khusus. Sedangkan untuk hasil printer ID card, langsung dalam bentuk kartu kecil. Dapat dilihat  perbedaan juga terdapat pada efisiensi penyelesaian hasil cetakan kartu.

Printer ID card itu sendiri menggunakan bahan yang dinamakan ribbon. Ribbon ini merupakan lapisan yang digunakan untuk melapisi kartu PVC yang ingin dicetak. Ribbon terdiri dari dua jenis, yaitu yang menggunakan warna “black and white” dan ribbon yang terdiri dari berbagai macam warna. Pembelian ribbon secara terpisah juga bisa didapat di toko yang jual printer id card.