Replikasi CD Samakah Dengan Duplikasi?

Kasus duplikasi CD alias CD bajakan memang sudah marak sejak beberapa tahun yang lalu. Dengan maraknya kasus tersebut, banyak penyanyi serta artis yang merasa dirugikan. Sebab, dengan beredarnya CD bajakan tersebut penjualan CD hasil karya mereka yang asli menjadi menurun. Banyak orang yang memanfaatkan kondisi tersebut dengan mencetak CD yang berisi lagu serta film yang baru saja dirilis

Apa Itu Duplikasi?

Duplikasi adalah salah satu cara menggandakan CD secara sederhana. Untuk menduplikasi CD biasanya menggunakan CD/DVD Duplicator. Caranya adalah dengan mentransmitkan data yang ada pada CD master ke CD/DVD kosong. Meskipun terlihat sederhana, namun CD kosong yang digunakan untuk menyimpan data duplikat harus memiliki kualitas yang baik, agar data dapat tersimpan dengan baik pula.

Apa Itu Replikasi?

Proses replikasi lebih rumit dibandingkan dengan duplikasi. Proses replikasi adalah proses manufaktur untuk membuat suatu kepingan CD dengan proses injection molding. Untuk proses replikasi ini juga menggunakan sumber dari CD master. Proses cetak CD untuk replikasi membutuhkan proses seperti mencetak pit, metalisasi, elektroforming, yang terakhir adalah offset printing label.

Pada dasarnya duplikasi dan replikasi CD adalah sama. Keduanya sama-sama memiliki tujuan untuk menggandakan atau memperbanyak CD. Namun cara yang digunakan berbeda. Duplikasi melalui proses yang sederhana bahkan dapat dilakukan sendiri melalui proses Burning CD. Sedangkan replikasi membutuhkan proses yang lebih rumit, sehingga butuh keahlian khusus untuk melakukannya.

Para penjual kaset CD atau DVD bajakan biasanya menggunakan sistem duplikasi. Karena mereka dapat dengan mudah melakukan proses duplikasi sendiri. oleh karena itu, kualitas CD bajakan biasanya kurang bagus, dikarenakan kualitas CD yang dipakai kurang baik.

Proses duplikasi maupun replikasi ini sangat berguna bagi Anda yang ingin menggandakan CD atau DVD yang berisi hasil karya Anda sendiri untuk dijual atau dibagikan kepada teman-teman. Saat ini juga bayak terdapat jasa cetak CD untuk replikasi maupun duplikasi sehingga Anda tidak perlu repot untuk melakukannya sendiri. apabila Anda ingin menggandakan CD atau DVD hasil karya sendiri melalui proses replikasi, Anda dapat menggunakan jasa http://mitracd.com untuk mendapatkan kualitas CD yang baik.