Retina Mata Manusia Sangatlah Kompleks

RetinaMata mempunyai bagian-bagian penyusunnya antara lain retina, Iris, Pupil dan masih banyak lainnya yang saling berkoordinasi dan berhubungan menjalankan fungsi indra penglihatan. Dimana Penglihatan sendiri merupakan karunia Tuhan yang sangat luar biasa dan perlu kita syukuri. Bukti syukur kita adalah dengan menjaganya. Apabila fungsinya terganggu maka mata akan mengalami kesulitan dan gangguan pada penglihatan kita. Bagian-bagian penyusun organ mata semuanya sangat sensitif dan apabila kita tidak pandai dan hati-hati dalam menjaganya maka dapat menyebabkan gangguan antara lain mata yang lain seperti mata merah, pegal, terasa gatal, bengkak, jika melihat akan terlihat benang atau bintik pada bagian sekeliling mata. Mari kita bahas satu bagian dari mata yaitu pada bagian itu sendiri bagian dari organ mata yang mempunyai fungsi yaitu bayangan yang dilihat atau ditangkap oleh mata akan difokuskan oleh bagian ini sehingga gambar atau penglihatan kita terlihat jelas. Bagian mata ini yang mempunyai puluhan juta sel syaraf yang sangat kompleks. Maka dari itu bagian tersebut merupakan bagian mata yang sangat mahal bahkan tidak terhitung harganya.

Mengapa Retina Mata Merupakan Bagian Yang Kompleks?

Retina adalah bagian kecil di mata namun fungsinya sangat luar biasa bahkan apabila mata tanpa adanya kerja dari bagian ini maka mata tidak akan sempurna dalam melihat bahkan menyebabkan penglihatan tidak jelas atau kabur. Bagian dari organ mata ini sensitif dikarenakan bagian ini sendiri disusun oleh sel ataupun jaringan yang sangat kompleks dan salah satu sel atau jaringan yang menyusun adalah sel syaraf. Dimana kita ketahui syaraf itu sangat sensitif dan bekerja sangat spesifik apabila ada gangguan sedikit saja di salah satu bagiannya maka fungsi kerjanya akan sangat terganggu. Selain sel syaraf ada juga sel-sel lain yang menyusun bagian ini yaitu sel ganglion yang mempunyai fungsi kerja sendiri yang mendukung kerja bagian dari organ mata ini sendiri.

Itulah pernyataan dimana alasan atau penjelasan yang menerangkan bahwa seberapa kompleks dan pentingnya retina bagi mata kita dalam menjalankan sistem indra penglihatan.

Related posts: