Sejarah Lahirnya Pancasila Sebagai Ideologi Indonesia

Pancasila yang menjadi ideologi Indonesia adalah hal yang seharusnya kita ketahui dan pelajari sebagai warga Negara yang baik. Portal Sejarah merupakan salah satu media yang memberikan banyak informasi sejarah termasuk sejarah terbentuknya Pancasila. Sebagian besar dari Anda mungkin sudah tahu banyak terkait dengan sejarah pembentukan Indonesia. Untuk membantu Anda mengingat sedikit sejarah tentang ideologi Negara kita yang satu ini, mari simak penjelasan berikut ini.

Sejarah Perumusan Pancasila Sebagai Ideologi

Seperti yang bisa kita temukan di Portal Sejarah terkait dengan Pancasila Indonesia, ada banyak fakta menarik di dalamnya. Perumusan Pancasila bermula dengan dibentuknya Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau yang sering disebut dengan BPUPKI. BPUPKI diketuai oleh Radjiman Wedyodiningrat dan juga bertugas untuk mempersiapkan beberapa hal terkait dengan persiapan kemerdekaan Indonesia.

Salah satu hal yang harus dirumuskan adalah dasar Negara Indonesia, yang kemudian terbentuklah Pancasila. Tentunya, pada rapat penentuan Pancasila, tidak serta merta semua warga orang yang hadir dalam rapat tersebut langsung menemukan gagasannya. Ada beberapa usulan yang kemudian berubah menjadi Pancasila. Usulan pertama yaitu usulan yang diberikan oleh Muhammad Yamin yang disebut sebagai Lima Dasar. Muhammad Yamin memulai pidatonya pada tanggal 29 Mei 1945 dan mengutarakan 5 sila yaitu Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan dan Kesejahteraan Rakyat.

Selain itu, ada usulan dari Ir. Soekarno tentang Pancasila pada tanggal 1 Juni 1945. Dengan diutarakannya kata “Pancasila” oleh Ir. Soekarno pada tanggal tersebut, maka 1 Juni dianggap sebagai tanggal lahir Pancasila. Setelahnya, ada perundingan terkait dengan sila-sila Indonesia, akhirnya Pancasila dengan segala dasar yang kita ketahui sekarang, ditetapkan menjadi dasar Negara Indonesia.

Cerita di atas tentunya menjadi cerita singkat terkait dengan panjangnya perundingan tentang dasar Negara Indonesia. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak lagi cerita sejarah, Anda bisa mempelajarinya dari berbagai buku dan situs internet yang menyediakan berbagai informasi untuk Anda. Kunjungi Portal Sejarah sebagai salah satu wadah cerita sejarah yang bisa Anda jadikan sebagai media pembelajaran.