Stop Diet Karbohidrat! Ketahui Bahayanya

Berat badan ideal merupakan idaman bagi semua orang. dengan memiliki berat badan ideal, tubuh akan menjadi lebih sehat sekaligus menunjang penampilan. Memiliki berat badan ideal akan membuat orang lebih percaya diri. Tak sedikit pelaku diet melakukan diet dengan cara-cara extreme untuk mendapatkan berat badan ideal dengan cepat tanpa memperhatikan efek yang akan timbul dari diet extreme tersebut. Setiap orang kadang memiliki cara diet berbeda yang harus disesuaikan oleh kondisi tubuh masing-masing. Banyak orang yang melakukan diet karbohidrat untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Diet Karbohidrat

Mengurangi atau menghilangkan karbohidrat dari menu makanan memang akan menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, tak sedikit orang yang mengabaikan dampak negatif dari pengurangan atau penghilangan karbohidrat dalam menu manakan jika dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Seperti yang kita ketahui, karbohidrat merupakan komponen penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tubuh bertenaga sehingga dapat melakukan kegiatan sehari-hari. Diet karbohidrat akan menyebabkan tubuh kekurangan dan kehilangan salah satu komponen terpenting dalam tubuh sehingga akan timbul dampak negatif bagi tubuh.

Dampak Negatif Diet Karbohidrat

Jika diet karbohidrat dilakukan dalam jangka waktu yang lama, bukan hanya berat badan yang akan menurun, namun kesehatan tubuh juga akan menurun.

  1. Sakit kepala

Diet karbohidrat yang tidak diimbangi dengan mengonsumsi sumber nutrisi yang lain akan membuat pelaku diet mengalami sakit kepala berkepanjangan.

  1. Badan terasa lemas dan lesu

Karbohidrat merupakan komponen utama untuk membentuk tenaga yang akan kita gunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Diet karbohidrat akan mengurangi asupan tenaga yang seharusnya dibutuhkan oleh tubuh. Hal tersebut akan membuat pelaku diet karbohidrat lebih mudah merasakan lelah dan lesu.

  1. Mudah terserang demam dan flu

Tidak hanya vitamin dan mineral yang berperan untuk mempertahankan daya tahan tubuh, karbohidrat juga berperan untuk memperkuat daya tahan tubuh. Jika asupan karbohidrat dikurangi atau dihilangkan, secara otomatis daya tahan tubuh juga akan semakin menurun dan mengakibatkan tubuh mudah terserang penyakit seperti demam dan flu.