Tahapan Atau Stadium Pada Kanker Serviks

Kanker merupakan penyakit berbahaya yang dapat mengancam jiwa penderitanya. Terlebih untuk wanita karena ada beberapa kanker yang hanya akan menyerang wanita seperti kanker payudara dan kanker serviks. Jika kanker payudara menempati posisi pertama sebagai kanker dengan penderita terbanyak, kanker serviks menempati posisi kedua. Obat kanker serviks harus disesuaikan dengan penyebab kanker serviks yang diderita oleh pasien. Selain itu, pengobatan kanker serviks juga ditentukan dari stadium kanker serviks yang diderita.

Tahapan Kanker Serviks

Obat kanker serviks yang diberikan ke penderita harus disesuaikan dengan tahapan kanker serviks yang diderita. Pengobatan yang dilakukan lewat medis dapat berupa operasi, kemoterapi, dan terapi radiasi. Pengobatan medis yang dilakukan jangka panjang biasanya akan mengakibatkan efek samping negatif pada tubuh penderita. Selain itu, pengobatan juga dilakukan menggunakan obat herbal yang akan meringankan gejala-gejala yang dirasakan oleh penderita. Berikut ini tahapan kanker serviks yang harus kita ketahui agar memahami pengobatan yang sesuai.

  1. Kanker Serviks Stadium 1

Kanker serviks stadium satu biasanya belum menunjukkan gejala yang terlalu signifikan. Bahkan, penderita biasanya tidak merasakan gejala apapun. Tahap ini terbilang belum terlalu berbahaya. Pengobatan yang dilakukan untuk kanker serviks stadium 1 biasanya akan dilakukan operasi kecil untuk mengangkat sel abnormal yang jika dibiarkan akan sangat berbahaya.

  1. Kanker Serviks Stadium 2

Ketika kanker serviks mulai memasuki stadium 2, itu berarti sel kanker mulai menyebar ke bagian serviks yang lebih dalam. Gejala yang timbul pada stadium 2 biasanya adalah rasa nyeri di sekitar perut bagian bawah, serta keluarnya darah segar di luar siklus menstruasi.

  1. Kanker Serviks Stadium 3

Penyebaran invasi akibat kanker serviks pada stadium 3 lebih meluas hingga ke bagian luar mulut rahim. Bahkan sel kanker telah menyebar ke jaringan limfa terdekat. Pengobatan yang dilakukan biasanya adalah radioaktif dan kemoterapi.

  1. Kanker Serviks Stadium 4

Kanker serviks pada tahap ini merupakan tahap yang paling berbahaya karena telah menjalar ke organ lain seperti ginjal, usus, dan organ lainnya. Obat kanker serviks pada stadium 4 biasanya dilakukan untuk meringankan gejala yang dirasa daripada pengobatan untuk kanker serviks itu sendiri.