Tanda-Tanda Penyakit Kutil Kelamin Yang Harus Diwaspadai

Salah satu penyakit yang banyak dihindari oleh para pria dan wanita adalah penyakit kutil kelamin. Ya, kutil kelamin merupakan salah satu penyakit kelamin yang cukup banyak terjadi pada pria maupun wanita. Kutil kelamin sendiri merupakan sebuah kondisi ketika seseorang memiliki kutil di organ genital atau di sekitar alat kelamin. Meskipun penyakit ini tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan, namun menggunakan obat kutil kelamin sangat dianjurkan bagi seseorang yang menderita penyakit tersebut. Hal ini disebabkan karena penyakit kelamin yang satu ini dapat berkembang hingga membentuk kumpulan-kumpulan kutil yang sangat besar dan bahkan bisa menular ke lawan jenis saat mereka melakukan hubungan seksual. Oleh karena itu, kutil kelamin harus diobati dengan baik dan benar sehingga bisa memberikan rasa nyaman.

Gejala Dan Tanda-Tanda Munculnya Penyakit Kutil Kelamin

Kutil kelamin merupakan penyakit kelamin yang disebabkan oleh virus Human papilloma virusĀ (HPV). Virus ini dapat menular melalui hubungan seksual. Dibandingkan pria, wanita lebih mungkin untuk mengalami penyakit kelamin yang satu ini. Menggunakan obat kutil kelamin sangat disarankan bagi para penderita. Hal ini bertujuan agar kutil tidak tumbuh semakin banyak dan membuat penderita tidak nyaman serta tidak percaya diri.

Lalu, apa saja gejala dan tanda-tanda dari penyakit kutil kelamin? Infeksi Human papilloma virusĀ (HPV) cukup mudah diketahui, karena tanda-tanda infeksi virus tersebut mudah diamati. Jika seseorang terinfeksi oleh penyakit kutil tersebut, maka akan tumbuh kutil di sekitar organ genital. Kutil yang muncul biasanya tampak seperti daging kecil berwarna merah dan memiliki penampilan yang mirip seperti kembang kol. Selain itu, penyakit kutil kelamin juga mudah diamati dengan tanda-tanda dan gejala sebagai berikut:

  • Terdapat bengkak kecil di sekitar kemaluan
  • Tumbuh kutil yang saling berdekatan dan membentuk kelompok-kelompok yang menyerupai kembang kol
  • Timbul rasa gatal, panas, dan rasa tidak nyaman di sekitar organ genital
  • Mengalami pendarahan saat melakukan hubungan seksual

Nah, itulah beberapa tanda dan gejala penyakit kutil kelamin. Jika Anda atau pasangan Anda memiliki tanda-tanda seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter. Biasanya, dokter akan memberikan obat kutil kelamin kepada pasien kutil kelamin agar mereka bisa secepatnya terbebas dari penyakit kelamin tersebut.