Ternyata Padi Bisa Tumbuh Di Padang Pasir Berkat Teknologi Canggih

Pada berita teknologi terbaru kali ini membahas padi yang bisa tumbuh di padang pasir berkat teknologi canggih. Seperti yang diketahui sebelumnya, padi pada umumnya tidak bisa tumbuh di sekitar padang pasir dan umumnya cocok di daerah-daerah dataran rendah maupun tinggi, seperti salah satunya di Indonesia. Hingga demikian, padi dijadikan sebagai bahan pokok dalam menghasilkan beras dan jadilah sebuah nasi yang merupakan makanan pokok. Seperti apa teknologi canggih yang dimaksud? Berikut penjelasannya.

Dalam artikel Liputan6.com, padi yang tumbuh di padang pasir ternyata menggunakan teknologi dengan radar laser, sensor yang digunakan untuk membedakan warna, serta sensor inframerah dengan fungsi mengetahui sejauh mana performa tanaman padi tersebut. Dengan demikian, para petani justru dimudahkan dengan langkah-langkah yang akan diambil. Alat ini juga bisa diletakkan di traktor dan drone. Di berita teknologi terbaru ini mengungkapkan alat ini masih dalam tahap penyempurnaan dan ke depannya bisa dijadikan sebagai alat yang diandalkan.

Mudahnya Menumbuhkan Padi Di Padang Gurun Dengan Kecanggihan Teknologi

Penelitian menggunakan teknologi ini sendiri dilakukan oleh peneliti asal Tiongkok serta konglomerat asal Dubai, Sheikh Saeed bin Ahmed Al Maktoum, yang ingin melihat potensi tumbuhnya padi di negaranya. Tujuan untuk penelitian ini sendiri sangat mulia yakni untuk mempersiapkan diri jika terjadi kelangkaan pangan dalam beberapa waktu ke depan. Para ilmuwan akan mencoba di 100 hektare terlebih dahulu pada tahun ini. Jika ini berjalan sukses, bukan tak mungkin teknologi ini akan terus berlanjut digunakan di sana.

Keberhasilan Uni Emirat Arab dalam melakukan penelitian seperti ini patut mendapat apresiasi. Padahal, tumbuhnya padi di sebuah padang pasir merupakan hal yang mustahil atau tidak pernah terjadi karena cuacanya yang tergolong panas setiap harinya. Suburnya tanaman padi merupakan kesuksesan bagi para petani. Walaupun cara-cara konvensional seperti yang dilakukan oleh para petani sebelumnya tidak selalu memberikan hasil yang memuaskan.

Selain peneliti dari Tiongkok, kabarnya peneliti dari Amerika Serikat tak mau kalah dengan mengembangkan teknologi untuk pertanian. Belum dijelaskan seperti apa konsep teknologi pertanian yang mereka buat dan ini menjadi kabar baik untuk membantu para petani sukses dalam panen padi. Itu saja berita teknologi terbaru ini mengenai teknologi untuk menumbuhkan padi di padang pasir.