Tetap Berbisnis Walaupun Modal Sedikit

Setiap tahunnya, kampus-kampus di Indonesia akan menghasilkan puluhan ribu fresh graduate yang akan memulai pengalaman mereka di dunia kerja. Namun, jumlah fresh graduate yang tinggi tidak dibarengi dengan jumlah lapangan pekerjaan sehingga pengangguran di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Bagi Anda yang lelah menemukan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan Anda, bagaimana dengan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dengan memulai bisnis? Ada banyak sekali peluang bisnis kecil-kecilan yang dapat kita lakukan dengan modal yang sedikit.

Lima Peluang Bisnis Dengan Modal Sedikit

Memulai bisnis kecil-kecilan dapat menjadi batu loncatan bagi Anda untuk nanti ke depannya. Bisnis kecil-kecilan ini tidak begitu memerlukan modal yang besar.

  1. Membuka Jasa Les Private

Bagi Anda fresh graduate yang belum mempunyai bayangan akan bekerja di mana, memanfaatkan ilmu yang Anda punya untuk mengajar les private dapat dijadikan sebagai pilihan. Menjadi pengajar les private bahkan tak membutuhkan modal yang banyak. Cukup modal niat dan kemauan untuk berbagi ilmu.

  1. Membuka Kos-kosan

Jika Anda memiliki ruangan kosong atau bahkan rumah kosong yang tidak ditempati, Anda dapat menyewakannya kepada yang membutuhkan. Apalagi jika rumah Anda berada di pusat keramaian kota, seperti kampus, sekolah atau perkantoran, pasti akan ada banyak orang yang membutuhkan tempat tinggal sementara.

  1. Membuka konter paket internet

Internet sudah menjadi kebutuhan penting bagi hampir semua orang. Secara otomatis, mereka akan membutuhkan paket internet agar gadget mereka tetap tersambung dengan internet. Membuka konter yang menjual paket internet tentunya akan sangat dicari oleh para pengguna gadget.

  1. Membuka jasa laundry

Saat ini, ada banyak sekali orang yang tak sempat mencuci pakaian kotor mereka karena jadwal yang terlalu padat di kampus ataupun di kantor. Memanfaatkan mesin cuci yang hanya dipakai sesekali, akan lebih berguna jika Anda membuka jasa laundry pakaian. Memulai bisnis dari bawah, manfaatkan mesin cuci Anda yang hanya terpakai sesekali dan gunakan untuk membuka jasa laundry pakaian. Ketika bisnis Anda semakin berkembang, Anda bisa merekrut karyawan untuk membantu bisnis Anda.\