Tips Menghindari Gigi Berlubang

Memiliki gigi berlubang tentu bukan keinginan semua orang. Gigi berlubang akan mengakibatkan rasa sakit dan juga bisa mengurangi rasa percaya diri. Selain itu, gigi berlubang juga bisa lebih parah jika tidak disembuhkan. Biaya untuk menambal juga cukup besar. Karena itu, sebelum terjadi gigi berlubang ada baiknya untuk mencegah hal tersebut. Apa saja hal yang bisa dilakukan untuk menanggulangi gigi berlubang? Mari kita simak hal-hal penting berikut ini.

Menyikat Gigi Teratur

Menyikat gigi adalah sebuah keharusan. Menyikat gigi sangat perlu dilakukan minimal 2 kali sehari. Dengan menyikat gigi, sisa makanan bisa terangkat dan tidak mengakibatkan timbulnya plak dan asam yang bisa mengikis enamel gigi. Jangan lupa juga untuk membersihkan lidah karena bakteri biasa bersarang di permukaan lidah.

Menggunakan Flouride

Jika Anda sering ke dokter gigi tentu pernah merasakan flouride. Flouride tersebut sangat ampuh untuk mengatasi gigi berlubang karena dapat membuat gigi menjadi lebih kuat. Jika Anda sering berkumur menggunakan flouride, sisa makanan manis dan juga bakteri yang menempel di gusi dan gigi bisa dihilangkan. Flouride sangat mudah ditemukan di obat kumur jadi sangat mudah didapatkan.

Memanfaatkan Benang Gigi

Benang gigi atau Floss sering dihindari oleh orang banyak karena membutuhkan waktu yang lama. Namun pada kenyataannya, penggunaan benang gigi sangat penting dalam membersihkan sela-sela gigi yang sulit dijangkau dengan menyikatnya. Benang gigi dapat membuat gigi menjadi lebih bersih karena sisa-sisa makanan yang sulit dijangkau bisa dengan mudah dibuang. Dengan benang gigi juga kita bisa mencegah terjadinya gigi berlubang karena bakteri penyebabnya bisa dihilangkan.

Menjaga Pola Makan

Makanan juga ternyata penting kaitannya dengan gigi berlubang. Sering mengonsumsi makanan manis, kenyal dan lengket bisa mengakibatkan gigi berlubang. Gula berlebih yang terkandung dalam makanan dan tertinggal di gigi bisa dengan mudah membuat gigi rusak. Bakteri akan dengan mudah berkembang jika terdapat gula dan akan menggerogoti gigi. Menjaga pola makanan seimbang akan sangat membantu mencegah gigi berlubang.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan demi menghindari gigi berlubang. Bila perlu periksa ke dokter gigi secara rutin agar gigi Anda tetap terawat kesehatannya.