Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Si Kutu Buku

Beberapa dari kita yang memiliki hobi untuk membaca buku memang terkadang mengabaikan kesehatan mata. Tidak heran jika kita seringkali mengasumsikan kutu buku dengan kaca mata, karena biasanya kebanyakan kutu buku akan memiliki pengaruh terhadap kesehatan mata. Meskipun Anda memang hobi untuk membaca buku dan memiliki intensitas yang cukup sering untuk membaca buku, beberapa tips berikut ini bisa membantu mata Anda terhindar dari kerusakan.

Jaga Kesehatan Matamu Dengan Kebiasaan Berikut

Jika Anda memang sangat menggemari membaca buku, dan terkadang tidak ingat tempat dan waktu untuk melakukan kegemaran Anda tersebut, ingatlah kesehatan mata Anda. Ya, mata Anda adalah organ berharga yang harus selalu Anda jaga kesehatannya. Untuk itu, perhatikan beberapa tips berikut agar kesehatan mata Anda tetap terjaga.

  • Jaga Jarak Baca dengan Buku

Menjaga jarak antara mata Anda dengan buku mungkin bukan lagi himbauan baru untuk Anda. Beberapa orang mungkin menaati hal tersebut, tetapi banyak dari Anda yang bahkan tidak peduli pada himbauan tersebut. Agar mata Anda tetap nyaman dan terhindar dari penyakit mata sehingga tetap mudah dalam membaca, jaga jarak yang cukup dengan buku setiap kali membaca, minimal 30 cm.

  • Jangan Membaca di Tempat Gelap

Mata kita tentunya bekerja dengan bantuan cahaya. Pekerjaan mata kita menjadi lebih ringan saat kita mendapatkan asupan cahaya yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu redup. Hal ini juga berguna saat Anda sedang membaca. Jika Anda membaca, carilah tempat yang cukup cahaya agar mata Anda tidak mudah lelah dan tidak mudah rusak.

  • Jangan Membaca Sambil Tiduran

Pastinya, saat kita sangat menikmati isi dari buku yang kita baca, terkadang kita mencari posisi baca yang nyaman. Salah satunya adalah membaca sambil tiduran. Meskipun nyaman, Anda harus memastikan untuk menghindari kebiasaan tersebut, karena hal ini bisa merusak kesehatan mata Anda.

Tips di atas bisa membantu Anda untuk mendapatkan kesehatan mata yang stabil dan menghindari mata dari kerusakan. Selain itu, yang terpenting adalah untuk memberikan waktu istirahat untuk mata Anda ketika sudah lelah, sehingga mata Anda tidak akan mudah rusak.