Usaha Kosmetik Di Lingkungan Kampus

Membuka usaha di lingkungan perguruan tinggi memiliki peluang yang cukup bagus. Jumlah mahasiswa yang ribuan bisa dijadikan pangsa pasar. Sebagian mahasiswa di perguruan tinggi didominasi oleh perempuan atau mahasiswi. Nah, Anda bisa mengerucutkan sasaran pasar usaha adalah mahasiswi. Mengapa? Seperti yang kita ketahui bersama, kebutuhan wanita lebih banyak dibandingkan dengan kebutuhan pria. Selain itu, kaum wanita juga cenderung lebih konsumtif.

Salah satu usaha yang bisa Anda buka dengan sasaran mahasiswi adalah usaha kosmetik. Mahasiswi adalah kelompok usia dewasa awal yang sedang gemar-gemarnya memperhatikan fashion dan tampilan. Setiap mahasiswi tentu ingin tampil cantik ketika pergi ke kampus. Dari yang dulunya mungkin hanya menggunakan bedak, ketika mahasiswi kebutuhannya meningkat menjadi lipstik, maskara dan lain sebagainya.

Tips Membuka Usaha Kosmetik

Untuk membuka usaha kosmetik, Anda harus memikirkan strategi marketing yang bagus. Beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk membuka toko kosmetik yaitu:

  1. Memilih lokasi yang strategis

Ini adalah poin penting ketika Anda membuka usaha apapun. Dalam hal ini sasaran usaha Anda adalah mahasiswa. Oleh karena itu, dirikanlah toko dilingkungan atau area kampus yang mudah dijangkau mahasiswa. Desain toko yang menarik dan identik dengan wanita, misalnya berikan aksen dominasi warna pink.

  1. Memiliki distributor resmi

Seperti usaha yang lain, Anda harus memiliki pemasok resmi kosmetik bagi toko Anda. Selain itu, harga produk juga tidak terlalu mahal. Bayangkan saja jika Anda harus membeli kosmetik di sebuah mall, kemudian Anda jual kembali. Tentu harga akan lebih mahal dan peminat sedikit.

  1. Jual kosmetik terstandar

Ini adalah salah satu hal yang krusial. Saat ini banyak sekali kosmetik palsu di pasaran dengan harga yang sangat murah. Untuk itu, pastikan Anda menjual kosmetik asli yang sudah terstandar sesuai ketetapan pemerintah.

  1. Prioritaskan kosmetik yang laris di pasaran

Anda harus mengamati jenis kosmetik apa yang sering digunakan oleh mahasiswi. Sehingga produk yang Anda jual sesuai dengan kebutuhan yang mereka cari.