Yuk Kenali Tata Cara Dalam Ibadah Qurban

Idul Adha adalah hari raya umat Islam yang identik dengan prosesi penyembelihan hewan kurban. Ibadah kurban itu sendiri adalah salah satu amalan berupa menyembelih hewan ternak dan kemudian hasil sembelihan berupa daging hewan ternak tersebut dibagikan kepada masyarakat sekitar. Tata cara dalam prosesi penyembelihan hewan kurban tersebut juga memiliki aturan khusus.

Waktu Pelaksanaan

Waktu untuk melaksanakan ibadah kurban sendiri adalah setelah pelaksanaan Shalat Idul Adha. Jika Anda yang sedang mengalami halangan untuk melakukan shalat Idul Adha, ibadah kurban tersebut tetap dilaksanakan setelah pelaksanaan shalat Idul Adha. Untuk waktu pelaksanaannya adalah pada tanggal 13 Dzulhidjah yaitu hingga matahari terbenam.

Jenis Dan Kondisi Hewan Kurban

Hewan yang dijadikan hewan kurban bukanlah hewan sembarangan. Jenis hewan ternak yang biasanya disembelih dalam ibadah kurban adalah unta, sapi, kambing, domba, dan kerbau. Untuk unta biasanya berumur sekitar 5 hingga 6 tahun. Kerbau dan sapi biasanya berumur 2 tahun. Untuk domba dan kambing biasanya berumur 2 tahun. Selain itu, hewan kurban tersebut juga dalam keadaan sehat, tidak cacat fisik dan mental, serta hewan ternak yang dipilih adalah hewan yang terbaik.

Proses Penyembelihan

Sebelum dilakukan proses penyembelihan, maka jenis dan kondisi hewan kurban harus dipastikan sesuai dengan syarat yang telah ditentukan. Hewan yang akan disembelih juga harus dalam keadaan masih hidup dan tidak mati atau sehabis mengalami kecelakaan dan juga sedang tidak sekarat. Selain itu, penyembelih juga sudah bersuci dahulu sebelum menyembelih dan saat menyembelih menghadap kiblat. Disarankan bagi yang melakukan ibadah qurban juga ikut menyembelih, atau paling tidak ikut menonton prosesi tersebut.

Membaca Doa

Dalam QS Al An’am diperintahkan bahwa kita diperbolehkan memakan daging dari binatang yang sebelum disembelih dibacakan doa terlebih dahulu. Oleh karena itu, orang yang menyembelih diwajibkan untuk membaca basmallah dan mengucapkan takbir.

Cara Yang Benar

Hal lain yang tidak boleh dilupakan dalam prosesi penyembelihan hewan kurban adalah mengasah pisau yang akan digunakan untuk menyembelih terlebih dahulu. Agar hewan kurban tersebut bisa segera mati dan tidak merasakan sakit atau terlalu lama merasakan sakit pada saat sekarat. Untuk memperoleh berbagai informasi tentang tata cara kurban, Anda dapat melihatnya di penakecil.com.